EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM (SCIENCE TECNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SD N 2 JATI INDAH TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

Puput, Kunti Kuntari (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM (SCIENCE TECNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SD N 2 JATI INDAH TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian di SD N 2 Jati Indah pendidik kurang tepat dapat memeilih dan memvariasikan pendekatan pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar mengakibatkan hasil belajar kognitif peserta didik rendah. Pendekatan pembelajaran ialah suatu jalan atau arah yang akan ditempuh untuk pendidik atau peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi itu disajikan. Pendekatan STEM dalam pembelajaran diharapkan dapat menghasilkan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik melalui intregasi pengetahuan, konsep, dan keterampilan secara sistematis. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan STEM terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian kuantitaif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment dan desain yang digunakan yaitu Pretest-Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas V SDN 2 Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang yang terdiri dari kelas V A dan V B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 39 peserta didik dimana kelas V B sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 peserta didik dan kelas V A sebagai kelas kontrol sebanyak 19 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis yang dipakai berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji efektivitas. Hasil penelitian diperoleh didapat uji normalitas kelas eksperimen nilai Asymp sig. (2-tailed) = 0,208 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai Asymp sig (2-tailed) = 0,605, maka dapat dinyatakan “berdistribusi normal” karna jika Sig >α (0,05), (0,208>0,05) dan (0,605>0,05). Sedangkan hasil uji homogenitas untuk Sig> α (0,05) menunjukkan nilai 0,244 hal ini berarti (0,244 > 0,05) jadi data dinyatakan homogeny. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-z diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,013 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika Sig < 0,05 (0,013<0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dan diperoleh nilai uji effect size hasil belajar kognitif sebesar 0,74 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan STEM dan Pendekatan STEM efektif terhadap hasil belajar belajar kognitif peserta didik SD iii N 2 Jati Indah. Pendekatan STEM bisa menjadi pilihan sebagai alternatif agar peserta didik lebih aktif dalam proses belajar sehingga hasil belajar kognitif peserta didik menjadi lebih baik. Kata kunci : Hasil Belajar Kognitif, STEM (Science Technology, Engineering And Mathematics) iv ABSTRACT Based on research at SD N 2 Jati Indah, less precise educators can choose and vary learning approaches so that students are less active in the learning process resulting in low student cognitive learning outcomes. The learning approach is a path or direction that will be taken for educators or students in achieving learning objectives by seeing how the material is presented. The STEM approach in learning is expected to produce meaningful learning for students through the systematic integration of knowledge, concepts, and skills. The research was conducted with the aim of knowing the effectiveness of the STEM approach on students' cognitive learning outcomes. The research conducted by the author is a quantitative research with the method used in this research is Quasy Experiment and the design used is Pretest-Postest Control Group Design. The population in this study were all fifth grade students at SDN 2 Jati Indah, Tanjung Bintang District, consisting of classes V A and V B. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The sample used in this study was 39 students, where class V B as the experimental class consisted of 20 students and class V A as the control class as many as 19 students. Data was collected by means of a written test used in the form of multiple choice and documentation. Data analysis methods consist of normality test, homogeneity test, hypothesis testing and effectiveness test. The results obtained were obtained from the normality test of the experimental class with the value of Asymp sig. (2-tailed) = 0.208 in the experimental class and the control class the value of Asymp sig (2-tailed) = 0.605, then it can be declared "normally distributed" because if Sig > (0.05), (0.208> 0.05) and (0.605>0.05). While the results of the homogeneity test for Sig> (0.05) showed a value of 0.244, this means (0.244> 0.05) so the data was declared homogeneous. To test the hypothesis using the z-test obtained the value of Sig. (2-tailed) of 0.013 then according to the basis of decision making in the hypothesis if Sig <0.05 (0.013 <0.05) it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. And obtained the test value of the effect size of cognitive learning outcomes of 0.74 with the medium category. So it can be concluded that there is a significant influence in the use of the STEM approach and the effective STEM approach on the cognitive learning outcomes of the students of SD N 2 Jati Indah. The STEM approach can be an alternative so that students are more active in the learning process so that students' cognitive learning outcomes are better. v Keywords: Cognitive Learning Outcomes, STEM (Science Technology, Engineering And Mathematics)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:25
Last Modified: 04 Jul 2022 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19687

Actions (login required)

View Item View Item