KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 BANDAR LAMPUNG 2020/2021

MUHAMMMAD, VAHRI SYAHNUR (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 BANDAR LAMPUNG 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMMAD VAHRI SYAHNUR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala sekolah merupakan salah satu komponen dalam pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah sebagai pemimpin memiiki peran yang penting dalam tercapainya tujuan pendidikan. Dalam kapasitasnya sebagai pemimpin kepala sekolah berkewajiban untuk meningkatkan kinerja guru khususnya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif. Keberhasilan kepala sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola tenaga pendidikan yang tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 sebagai tempat melaksanakan penelitian. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kepala sekolah sekolah MAN 2 Bandar Lampung sudah mengupayakan untuk meningkatkan kinerja guru dengan cukup baik. Dari 7 indikator kepemimpinan kepala sekolah ada 5 indikator yang terlaksana dengan cukup baik, sedangkan 2 indikator lainnya masih kurang terlaksana. Adapun 5 indikator yang sudah terlaksana tersebut adalah memotivasi semangat kerja, pembinaan disiplin melakukan kunjungan kelas, menunjukkan sikap dan perilaku teadan yang dapat menjadi panutan, dan mengembangkan profesi guru lewat belajar kelompok dan penataran. Sementara 2 indikator yang belum sepenuhnya terlaksana yaitu memberi penghargaan, membangun kerja aktifdan kreatif. Sedangkan untuk kinerja guru pun sudah cukup baik, karena dari 6 indikator terdapat 4 indikator yang sudah terlaksana dengan cukup baik yaitu menyusun rencana pembelajaran, mengelola kegiatan pembelajaran, mengadakan hubungan interpersonal, melaksanakan hasil penilaian belajar peserta didik. Sedangkan 2 indikator yang kurang terlaksana dengan baik adalah melakukan tindak lanjut penilaian hasil belajar peserta didik, menguasai bahan kajian akademik. Dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah MAN 2 Bandar Lampung sudah mengupayakan untuk meningkatkan kinerja guru meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan lagi terutama dalam pemberian pengahrgaan dan, membangun kerja aktif dan kreatif. Karena dengan kepemimpinan kepala sekolah yang akan sangat meningkatkan kinerja para guru. iii ABSTRACT The principal is one of the components in the education that has an effect on improving the teacher performance. The principal as a leader has an important role in achieving the educational goals. In his capacity as a leader, the principal is obliged to improve the teacher performance, especially in carrying out an effective learning process. The success of the principal is largely determined by the success of the principal in managing the available education personnel in the school.This study aims to describe the principal's leadership in improving the teacher performance at Madrasah Aliyah Negeri 2 as a place to carry out the research. This research is a descriptive qualitative research, by using data collection tools in the form of interviews, observations, and documentations. The data validity of the test in this study used the triangulation techniques. The results of this study found that the principal of the MAN 2 Bandar Lampung school had tried to improve the teacher performance well. There are 7 principal leadership indicators, those are; 5 indicators that were implemented well, and the other indicators are still not implemented. The 5 indicators that have been implemented are the motivating of work spirit, fostering discipline, conducting visiting class, demonstrating exemplary attitude and behavior that can serve as role models, and develop the teaching profession through the group study and the upgrading skill. Meanwhile, two indicators that have not been fully implemented are giving rewards and the building active and creative work. Meanwhile, the teacher's performance is good enough, because of the 6 indicators there are 4 indicators that have been implemented well, namely preparing lesson plans, managing learning activities, holding interpersonal relationships and implementing the results of the student learning assessments. Meanwhile, two indicators that are not implemented well are carrying out follow-up assessments of the student learning outcomes and the mastering academic study materials. It can be concluded that the principal of MAN 2 Bandar Lampung has tried to improve the teacher performance although there is still something that needs to be improved, especially in the giving awards and the building active and creative work. Because of the leadership of the principal that is good, it can improve the performance of teachers greatly

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:01
Last Modified: 04 Jul 2022 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item View Item