PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP BINA DESA TULANG BAWANG BARAT

VIKY, ELIA SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP BINA DESA TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of VIKY ELIA SARI SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP BINA DESA TULANG BAWANG BARAT Oleh VIKY ELIA SARI Salah satu faktor rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam adalah kurang tertariknya peserta didik terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kurang merespon dan berpikir kritis terhadap penyempaian materi pembelajaran. Sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman Pendidikan Agama Islam yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model pembelajaran Picture and Picture agar peserta didik lebih tertarik dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII Di SMP Bina Desa Tulang Bawang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment dengan bentuk desain yang digunakan adalah pretest-posttest Control Group Design dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Bina Desa yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII A, kelas VII B, dan kelas VII C dengan jumlah peserta didik 85 orang sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII A 26 peseta didik sebagai kelas eksperimen dan VII B 29 peserta didik sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah thitung= 1.926 > ttabel = 0,002 dengan demikian ditolak dan diterima. Maka berdasarkan kriteria pengujian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII Di SMP Bina Desa Tulang Bawang Barat. Kata Kunci: Model Picture and Picture,Hasil Belajar,Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:28
Last Modified: 04 Jul 2022 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19679

Actions (login required)

View Item View Item