PENGGUNAAN PERMAINAN KALKULATOR JARI DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN BERHITUNG PADAANAK USIA DINI DI TK REVA KID’S KEMILING BANDAR LAMPUNG

RISKA, LAILA (2022) PENGGUNAAN PERMAINAN KALKULATOR JARI DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN BERHITUNG PADAANAK USIA DINI DI TK REVA KID’S KEMILING BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of RISKA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu aspek perkembangan untuk anak usia dini yang harus dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif dimana aspek perkembangan kognitif berkaitan dengan bagaimana anak mengelola cara berpikirnya. Salah satu hal yang berkaitan dengan cara berpikir adalah berhitung, dalam proses pembelajaran anak usia dini berhitung merupakan salah satu pembelajaran yang harus dipahami secara dasar oleh anak usia dini salaah satunya dengan menggunakan permainan kalkulator jari akan memudahkan anak untuk memahami berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media permainan kalkulator jari dikelompok B TK Reva Kid’s Kemiling Permai Bandar Lampung, penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berhitung anak yang masih rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penelitian tindakan kelas dan model kurt lewin. Tempat penelitian ini yaitu kelompok B TK Reva Kid’s Kemiling Permai Bandar Lampung. Subjek penelitian berjumlah 18 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi. Penelitian ini dianggap berhasil apabila jika 75% anak sudah bisa dikatakan berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berhitung anak meningkat melalui permainan kalkulator jari, yang dilakukan melalui langkah-langkah 1). Peneliti dan guru mengondisikan anak untuk menjelaskan media kalkulator jari 2). Menunjukan bentuk media kalkulator jari 3). Menginformasikan bahwa ada beberapa indikator yang diujikan 5). Pada kegiatan akhir guru menunjukan manfaat dari media yang digunakan. Peningkatan dapat dibuktikan dari hasil pra-penelitian anak sudah berkembang sangat baik berjumlah 4 anak dengan persentase 22%, pada siklus I anak sudah berkembang sangat baik berjumlah 6 anak dengan persentase 33% pada siklus II anak sudah berkembang sangat baik berjumlah 10 anak dengan persentase 56% dan pada siklus ke III anak sudah mencapai berkembang sangat baik berjumlah 14 anak dengan persentase 78%, iv dengan demikian dapat disimpulkan permainan kalkulator jari dapat meningkatkan kemampuan dalam berhitung anak usia dini TK Reva Kid’s Kemiling Permai Bandar Lampung. Kata kunci : Kemampuan Berhitung, Permainan Kalkulator jari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2022 09:04
Last Modified: 01 Jul 2022 09:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item