MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMK MIFTAHUL HUDA AMBARAWA PRINGSEWU LAMPUNG

DWI, LESTARI SRIWIDIANTI (2022) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMK MIFTAHUL HUDA AMBARAWA PRINGSEWU LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DWI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam konteks pendidikan, pengertian mutu pada konteks hasil pendidikan yang mengacu pada prestasi yang telah dicapai oleh siswa�siswa disekolah. Prestasi yang telah dicapai berupa prestasi akademik dan non akademik oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui perencanaan mutu pendidikan, Imlementasi mutu pendidikan dan evaluasi pendidikan. Penelitian ini adalah diskripsi kualitatif teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Manajemen Mutu Dalam Meningkatakan Prestasi Siswa di SMK Miftahul Huda Ambarawa dengan perencanaan mutu pendidikan telah melaksanakan program-program sekolah dalam melaksanakan pembelajaran, dengan dibentuknya kurikulum baru yaitu Paradigma baru SMK Miftahul Huda Ambarawa merancang program seperti SMK pusat unggulan, sinkronisasi kurikulum dengan industri, mendatangkan guru tamu, magang guru bersertifikat industri, resert studi (keserapan lulusan), beasiswa dengan industri, riset terapan dengan industri. Dalam proses perencanaan siswa dan siswi mampu berkompetensi dalam bidang yang di minati yaitu sesui dengan jurusanya TKJ,TKR,TSM,KK,MM,Animasi. Dalam pelaksanaan programnya SMK Miftahul Huda telah menjalankan program tersebut sejak 2020 yang bertujuan agar siswa dan siswi mampu berdaya saing baik di bidang akademik dan non akademik yang menjadikan siswa menjadi berprestasi. Evaluasi program pendidikan SMK Miftahul Huda Ambarawa dilaksanakan setiap rapat kordi bulanan, dan analisis mengenai EDS (Evaluasi Diri Sekolah). Prestasi itu sendiri antara lain LKS IT NSA Nasional, LKS Motorcycle Nasional, LKS Otomotif Kabupaten, Web Teknologi Nasional, Atletik Kabupaten, Teater, Kesehatan-Keprawatan, Web Disign, Bulu tangkis, Yamaha Skill Contest and Mchanical Engineers Serevice at Universitas, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi mutu pendidikan yang berkualitas ditandai oleh lulusan yang memiliki kompetensi dan mampu bersaing dalam dunia usaha yang lahir dari implementasi manajemen mutu pendidikan yang baik. iv Kata kunci : Manajemen Mutu Pendidikan,Prestasi siswa v ABSTRACT In the context of education, the notion of quality in the context of educational outcomes refers to the students achievements at school. These students achievements arein the form of academic and non�academic achievements. The purpose of this research is to find out education quality planning,, the implementation of the quality of education and the evaluation of education. This research is a qualitative description of data collection techniques by means of interviews, documentation. The data obtained were analyzed by data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions, while the data validity test was carried out with persistence and observation and triangulation. The triangulation used in this research is source triangulation. From the results of the research and discussion, the following conclusions are obtained: Quality Management in Improving Student Achievement at SMK Miftahul Huda Ambarawa with education quality planning has implemented school programs in carrying out learning, with the establishment of a new curriculum, namely the new Paradigm of SMK Miftahul Huda Ambarawa designing programs such as Vocational centers of excellence, curriculum synchronization with industry, bringing in guest teachers, industrial certified teacher internships, study studies (absorption of graduates), scholarships with industry, applied research with industry. In the planning process, students are able to be competent in the field of interest, namely in accordance with their majors TKJ, TKR, TSM, KK, MM, Animation. In the implementation of the program, the Miftahul Huda Vocational School has been running the program since 2020 which aims to enable students to be competitive in both academic and non-academic fields which makes students excel. Evaluation of the education program of Miftahul Huda Ambarawa Vocational School is carried out at every monthly coordination meeting, and analysis of EDS (School Self�Evaluation). The achievements include the National NSA IT LKS, National Motorcycle LKS, Regency Automotive LKS, National Technology Web, District Athletics, Theater, Health-Nursing, Web Disign, Badminton, Yamaha Skill Contest and Mechanical Engineers Service at Universities, and so on. . Therefore, planning, implementing, Evaluating the education quality characterized by graduates who have competence and are able to compete in the business world born from the implementation of good education quality management. vi Keywords:Education quality management, Student achievement

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:06
Last Modified: 01 Jul 2022 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19647

Actions (login required)

View Item View Item