PERAN PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SMP TIRTAYASA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

DEWI, SEFTIYANI (2022) PERAN PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SMP TIRTAYASA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Dewi Seftiyani 1811010101.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SMP TIRTYAYASA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG Pendidik memliki peran penting, selain keluarga yang utama, dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada peserta didik. Masih ada peserta didik yang tidak mengikuti aturan, kurang disiplin, dan tidak memiliki sopan santun terhadap guru serta melawan guru dan masih ada beberapa peserta didik yang bisa dikatakan belum menerapkan akhlak yang baik. Berdasarkan uraian di atas pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran pendidik dalam menanamankan nilai-nilai akhlak pada peserta didik di SMP Tirtayasa Sukabumi Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran pendidik dalam menanamankan nilai-nilai akhlak pada peserta didik di SMP Tirtayasa Sukabumi Bandar Lampung. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis interaktif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Selanjutnya, pegujian keabsahan data dengan cara triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Peran Pendidik di SMP Tirtayasa Bandar Lampung sangat berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada peserta didik meliputi Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik (Guru) sudah dilaksanakan dengan baik. Peran pendidik adalah 1) Peran pendidik sebagai pembimbing 2) Peran pendidik sebagai model (contoh) dan 3) Peran pendidik sebagai penasehat. Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada peserta didik adalah metode nasihat, metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode mendidik melalui kedisiplinan. Telah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik sehingga terjadinya perubahan sikap pada peserta didik menjadi lebih baik dengan menerapkan metode-metode tersebut. Kata Kunci : Peran Pendidik, Penanaman Nilai-Nilai Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:10
Last Modified: 27 Jun 2022 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19596

Actions (login required)

View Item View Item