PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD AL MUTTAQIEN

REKI, REFIANSYAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD AL MUTTAQIEN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi REKI REFIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD AL MUTTAQIEN OLEH REKI REFIANSYAH Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif yang dimaksud penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kunatitatif/statistic dengan tujuan untuk mengujihi potesis yang telah ditetapkan Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu, Pengaruh model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesiakelas IV SD AL MUTTAQIEN Bandar Lampung dengan menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental (Kuantitatif), instrumen yang digunakan yaitu berupa angket keaktifan belajar melalui langkah-langkah perhitungan yang meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, hipotesis dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Bahasa Indonesia berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,073 dengan populasi sebanyak 48 peserta didik dan taraf signifikan ttabel = 2,031, terlihat bahwa thitung ≥ ttabel maka H0 diterima. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:58
Last Modified: 24 Jun 2022 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19589

Actions (login required)

View Item View Item