STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA BARUDI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

RISKA, AMANDA (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA BARUDI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of RISKA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pemasar jasa Pendidikan harus membangun sudut pandang masa depan sekolahnya dengan baik. Oleh sebab itu, pemasar jasa Pendidikan harus memiliki pola piker yang berpandangan kedepan dan belakang sehingga dapat mempersiapkan karyawan sekolah dan siswa untuk menyongsong masa depan sekolah. Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan pemasaran jasa Pendidikan adalah Kepala Sekolah. Kepala Sekolah berperan sebagai penggerak untuk keberhasilan dalam melaksanakan pemasaran jasa Pendidikan. Proses pemasaran jasa Pendidikan yang dilakukan seekolah sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik ditinjau dari sikap Kepala Sekolah SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung dalam pelaksanaan dan strategi pemasaran yang dilakukan. Maka dari itu disini peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Untuk Meningkatkan Minat Siswa Baru oleh Kepala Madrasah di SMA AL�Azhar 3 Bandar Lampung. Maksud dari penelitian yang peneliti lakukan adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan untuk meningkatkan minat siswa baru di SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung, yang terfokus pada Kepala Sekolah,Waka Humas,Waka Kurikulum dalam Tahapan-Tahapan yang dilakukan dalam Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi minat serta unsur-unsur dalam pemasaran jasa Pendidikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data berupa Wawancara dan Dokumentasi. Kemudian penyajian fakta dan datanya menggunakan tekhnik deskriptif yang didalamnya berupa kata yang tertulis atau lisan subjek yang telah diamati dari Kepala Sekolah,Waka Kurikulum,Waka Humas, Kabag Tu,dan Guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Pelaksanaan Pemaasaran Jasa Pendidikan yang dilakukan Kepala Sekolah dan Tim Pemasaran harus dapat memepertimbangkan strategi yang digunakan dalam pemasaran jasa pendidikan, dan Unsur-Unsur bauran Pemasaran yang ada daalam pendidikan. Agar dapat mencaai iv tujuan yang efektif harus lebih memperhatikan kepuasan dan kebutuhan dari walimurid maupun peserta didik. Kata Kunci : (Marketing Mix) Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan v ABSTRACT Education services marketers must build a good perspective on the future of their schools. Therefore, education service marketers must have a mindset that looks forward and backward so that they can prepare school employees and students to meet the future of schools. In the Marketing of Educational Services, the person who is responsible for implementing the marketing of Educational services is the Principal. The principal acts as a driver for success in implementing the marketing of educational services. The marketing process for educational services carried out by the school can be said to be going well in terms of the attitude of the Principal of SMA AL�Azhar 3 Bandar Lampung in the implementation and marketing strategies carried out. Therefore, the researcher is interested in conducting a research entitled "Marketing Strategy for Educational Services to Increase Interest of New Students by the Head of Madrasah at SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung. The purpose of the research that the researchers conducted was to find out the Marketing Strategy of Educational Services to increase the interest of new students at SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung, which focused on the Principal, Deputy Head of Public Relations, Deputy Head of Curriculum in the Stages carried out in the Education Services Marketing Strategy, and to find out the factors of interest and elements in the marketing of Education services. In this study the authors used a qualitative approach with data collection techniques in the form of interviews and documentation. Then the presentation of the facts and data using descriptive techniques in which the written or spoken words of the subject have been observed from the Principal, Deputy Head of Curriculum, Deputy Head of Public Relations, Head of Tu, and Teachers. The results of this study indicate that in the implementation of marketing education services carried out by the principal and the marketing team must be able to consider the strategies used in marketing educational services, and the elements of the marketing mix that exist in education. In order to be able to achieve effective goals, it vi must pay more attention to the satisfaction and needs of parents and students. Keywords: (Marketing Mix) Educational Services Marketing Mix

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:48
Last Modified: 24 Jun 2022 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19588

Actions (login required)

View Item View Item