KORELASI TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SDN 1 TANJUNG PANDAN KECAMATAN LAMPUNG TENGAH

Cahya, Setianing Arum (2022) KORELASI TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SDN 1 TANJUNG PANDAN KECAMATAN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL CAHYA S.N.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau tipe kepribadian siswa (korelis, melankolis, phlegmentis, sanguinis). Kepribadian merupakan sifat hakiki individu yang tercermin pada sikap peserta didik. Keunikan tersebut tergantung pada tipe kepribadian yang dimiliki. Tipe kepribadian tersebut mempengaruhi sikap dalam menyesuiakan diri dan bersosialisasi dengan lengkungannya, termasuk dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau tipe kepribadian peserta didik (Sanguinis, Melankolis, Korelis, dan Phlegmentis). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, penelitian asosiatif (hubungan) dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Tanjung Pandan Kec. Lampung Tengah, pengambilan sampel menggunakan taknik simple random sampling dengan keseluruhan sampel berjumlah 33 orang peserta didik. Data ynga digunakan, diperoleh dari tes untuk mengukur prestasi belajar matematika dan angket untuk mengukur tipe kepribadian peserta didik. Perhitungan yang digunakan untuk menjawab permasalahan peneliti adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunkan program computer SPSS versi 26.0. Pengujian hipotesis berdasarkan uji T, dengan taraf signifikansi memperoleh (1) sehingga ditolak diterima artinya terdapat hubungan antara tipe kepribadaian terhadap prestasi belajar matematika. Serta berdasarkan hasil uji F dengan taraf signifikansi memperoleh (3) sehingga ditolak dan diterima artinya terdapat hubungan antara tipe kepribadian terhadap prestasi belajar matematika. Kata kunci: Tipe kepribadian, prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:06
Last Modified: 23 Jun 2022 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19583

Actions (login required)

View Item View Item