PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI METODE BERMAIN GERAK DAN LAGU ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-AMANAH TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

RULY, REFINA (2022) PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI METODE BERMAIN GERAK DAN LAGU ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-AMANAH TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RULY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang tentang meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui metode bermain gerak dan lagu anak usia 5-6 tahun di RA Al-Amanah Bandar Lampung. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model desain Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia 5-6 tahun dikelas B1 sejumlah 13 anak yang diantaranya 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan selanjutnya penelitian analisis menggunakan deskriptif kualitaitf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan kinestetik melalui metode bermain gerak dan lagu anak di kelas B1, dapat dibuktikan Setelah adanya tindakan pada siklus I kecerdasan kinestetik anak meningkat 23 % atau 3 orang anak dari 13 anak, pada siklus II kecerdasan kinestetik anak meningkat 92,3% atau 12 anak dari 13 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya penggunaan metode bermain gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B1 RA Al-Amanah Bandar Lampung. Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Metode Bermain Gerak dan Lagu iv ABSCTRACT This study discusses about improving kinesthetic intelligence through the method of playing motion and songs for children aged 5-6 years at RA Al-Amanah Bandar Lampung. In this study, the method used is Classroom Action Research (CAR) using the Kemmis and Mc Taggart model which includes four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study were children aged 5-6 years in class B1 with a total of 13 children, of which 7 were boys and 6 were girls. Data collection methods in this study include observation, interviews, and documentation. The resulting data is then analyzed using qualitative descriptive research. The results showed that there was an increase in kinesthetic intelligence through the method of playing motion and children's songs in class B1, it can be proven. After the action in the first cycle the children's kinesthetic intelligence increased by 23% or 3 children out of 13 children, in the second cycle the children's kinesthetic intelligence increased by 92, 3% or 12 children out of 13 children. Thus, it can be concluded that the use of motion and song playing methods can improve the kinesthetic intelligence of children in the B1 group of RA Al-Amanah Bandar Lampung. Keywords: Kinesthetic Intelligence, Movement and Song, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:07
Last Modified: 23 Jun 2022 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19578

Actions (login required)

View Item View Item