PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN KARIR PADA PESERTA DIDIK

INDAH, SUNDARI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN KARIR PADA PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Download (25MB)
[thumbnail of full skripsi Indah Sundari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan media animasi dalam memberikan pemahaman karir pada peserta didik dilatar belakangi dengan munculnya peserta didik yang mengalami kurangnya pemahaman karir dalam menentukan pilihan masuk perguruan tinggi pada jenjang SMA. Isu ini dikarenakan banyaknya faktor yang salah satunya yaitu kurangnya informasi tentang pemahaman karir yang mengakibatkan kesulitan untuk menentukan jurusan pada perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan potensi dan masalah yang ada disekolah serta hasil penelitian yang relevan bahwa upaya yang sudah dilakukan oleh guru BK dalam memberikan pemahaman karir yaitu dengan metode ceramah, diskusi dan pemaparan slide power point. Namun langkah tersebut masih kurang efektif, serta belum adanya media khusus yang digunakan oleh guru BK. Adapun tujuan pengembangan media dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media animasi dalam memberikan pemahaman karir pada peserta didik Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model menurut Bord and Gall. Dengan melibatkan 10 langkah yang telah disederhanakan menjadi 7 langkah yang meliputi: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba dan revisi produk. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Digunakan untuk menganalisis data hasil dari perhitungan angket serta hasil dari wawancara yang dilakukan. Sehingga data yang digunakan dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi 2 yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kelayakan dan kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa media Animasi dalam memberikan pemahaman karir pada peserta didik sangat layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi memperoleh hasil persentase rata-rata 89,4% dengan kriteria “sangat layak” dan hasil validasi ahli media dengan memperoleh hasil persentase rata-rata 94,55% dengan kriteria “sangat layak”. Dan dibuktikan juga dengan hasil uji coba skala terbatas dengan 10 peserta didik dengan hasil penilaian terhadap media animasi yang dikembangkan mendapat skor persentase keseluruhan sebesar 89,42% dengan kriteria “sangat layak”. Serta hasil uji coba skala besar yang melibatkan 30 peserta didik dengan persentase keseluruhan 86,85% dengan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukan bahwa media Animasi dalam memberikan pemahaman karir pada peserta didik sangat layak digunakan dalam proses pemberian informasi karir untuk masuk ke perguruan tinggi di sekolah. Kata Kunci: Media Animasi, Pemahaman Karir iii ABSTRACT Animation media development in giving understanding careers on participant education background back with appearance a lot of participant students who experience lack of understanding career in determining choice enter college tall on high school level. Issue this because a lot wrong factors the only one is lack of information about an understanding career that resulted from difficulty for determining major on college high. Study this done based on potency and existing problem at school as well as results relevant research that the efforts are already done by BK teacher in give understanding career that is with method lecture, discussion, and presentation of PowerPoint slides. However,the step is still not enough effective, as well not yet there is a special media used by the BK teacher. As for objective internal media development study, this is for developing and knowing animation media eligibility in giving understanding careers to participants education. Development model used in the study this i.e. model according to Borg and Gall. it involves 10 steps that have been simplified into 7 steps which include: analysis potency and problem, data collection, design product, validation product, revision design, test try, and revision product. Study this technique using data analysis with analysis descriptive. Used for analyzing result data from calculation questionnaires as well as results from interviews conducted. So that the data used in the study is grouped into 2, namely qualitative data and quantitative data. And then analyzed by descriptive for known appropriateness and the quality product developed. Results research conducted got results that animation media in give understanding career on participant education very worthy used. This thing proved with results validation expert Theory get results average percentage 89.4% with criteria " very " worth ” and results from validation media expert with getting results the average percentage is 94.55% with criteria " very " worthy ”. And proven also with results test try scale limited with 10 participants educated with results evaluation to the developed animation media get score percentage whole of 89.42 % with criteria " very worthy ”. As well as results, tests try to scale large involving 30 participants educated with a percentage overall 86,85 % with criteria " very worthy ”. Based on results data acquisition shows that animation media in giving understanding careers on participant education is very worthy used in the process of giving information about careers for entering college at school. Keywords: Animation Media, Understanding Career

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:03
Last Modified: 23 Jun 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item