TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG KERJA SAMA PERTANIAN ANTARA PETANI SEMANGKA DENGAN PEMILIK LAHAN (Studi Kasus di Desa Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah)

AMALINA, Lupita Rahma (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG KERJA SAMA PERTANIAN ANTARA PETANI SEMANGKA DENGAN PEMILIK LAHAN (Studi Kasus di Desa Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMALINA pdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini terfokuskan pada kerja sama pertanian antara petani semangka dengan pemilik lahan di Desa Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Pada awalnya kedua belah pihak melakukan kerja sama pertanian yang mana modal diberikan secara bertahap oleh pemilik lahan. Kemudian keduanya sepakat telah melakukan perjanjian, namun pada saat prakteknya terjadi penambahan biaya yang mana pihak pemilik lahan tersebut tidak mau menanggung resiko biaya tambahan tersebut. Pada saat awal kesepakatan hal tersebut juga tidak dibicarakan apa saja resiko dan dampak pada saat penggarapan berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktek kerja sama pertanian antara petani semangka dengan pemilik lahan di Desa Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah? 2) Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah tentang praktek kerja sama pertanian antara petani semangka dengan pemilik lahan di Desa Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah? Tujuan penelitian ini ingin mengkaji tentang praktek kerja sama pertanian antara petani semangka dengan pemilik lahan di Desa Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah dan juga mengkaji tentang tinjauan hukum ekonomi syariah tentang praktek kerja sama pertanian antara petani semangka dengan pemilik lahan di Desa Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara langsung serta penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan sifat penelitian deskriptif analisis untuk menggambarkan dan memaparkan keadaan dengan mendeskripsikan, mencatat, dan menganalisa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, kerja sama pertanian antara petani semangka dengan pemilik lahan di Desa Endang Rejo Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah ini pada prakteknya, kerja sama tersebut dilakukan secara lisan. Modal yang diberikan dilakukan secara bertahap oleh pemilik lahan. Kemudian pada saat praktek di lapangan ternyata ada penambahan biaya diluar modal yang telah ditentukan, yang mana biaya penambahan tersebut setelah dibicarakan kepada pemilik lahan, pemilik tersebut tidak mau menanggung biaya tambahan tersebut. Pihak pemilik lahan tidak menjelaskan secara detail apa saja resiko yang harus ditanggung petani semangka. Kemudian pada kesesuaian akad muzara‟ah dengan praktek lapangan tidak memenuhi syarat muzara‟ah, yaitu ketidakjelasan pemilik lahan pada saat melakukan kesepakatan diawal perjanjian kerja sama. Akad yang dilakukan pada saat awal kesepakatan harus jelas apa saja yang diperlukan, ditambahkan, dan resiko yang ditanggung kedua belah pihak maupun salah satu pihak saja. Hal tersebut apabila dilakukan secara jelas maka tidak akan menimbulkan pemberatan hati disalah satu pihak. Kata Kunci: Kerja sama Pertanian, Perjanjian, Muzara’ah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:50
Last Modified: 23 Jun 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19571

Actions (login required)

View Item View Item