ANALISIS PROGRAM ALOKASI DANA DESA (ADD) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI IMPLEMENTASI EKONOMI PRODUKTIF DI KECAMATAN BUAY BAHUGA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan)

TUWI, SRI REZEKI (2022) ANALISIS PROGRAM ALOKASI DANA DESA (ADD) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI IMPLEMENTASI EKONOMI PRODUKTIF DI KECAMATAN BUAY BAHUGA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI TUWI SRI REZEKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Alokasi Dana Desa Merupakan satu aspek terpenting dari sebuah desa untuk menjalankan program-program dari pemerintahan. Termasuk diantaranya adalah program untuk mensejahterakan masyarakat diwilayahnya. Maka rumusan masalah yaitu bagaimana pengelolaan dan apa saja faktor pendorong, atau penghambat ADD terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dikecamatan Buay Bahuga dan bagaimana pengelolaan ADD dalam perspektif ekonomi islam?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan ADD terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dikecamatan Buay Bahuga dalam perspektif ekonomi islam. Kegunaan penelitian ini agar dapat dijadikan rujukan dalam pengambilan keputusan yang diambil dan sebagai pedoman program ADD untuk masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, cara yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah aparatur desa dan tokoh masyarakat di Kecamatan Buay Bahuga, dengan menggunakan metode purposive sampling. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan metode berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat kesimpulan yaitu pelaksanaan ADD 2019-2020 sudah dapat dirasakan secara langsung oleh sebagian masyarakat desa karena pengalokasian ADD yang cukup besar pada sektor ekonomi produktif, namun untuk sebagian desa, hal ini belum dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat sehingga belum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, karena ADD yang sangat minim sehingga komposisi pembagiannya dirasa kurang untuk masing-masing kegiatan sehingga masalah ekonomi produktif belum dapat terkelola dengan baik. Kata Kunci: Dana Desa, Ekonomi Produktif esejahteraan, Ekonomi Produktif, dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:16
Last Modified: 23 Jun 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19562

Actions (login required)

View Item View Item