PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV

YASIR, ARAFAT (2022) PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YASIR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas pada siswa pada kelas IV SDN 2 KRESNOMULYO yang dilatarbelakangi ovservasi awal yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil tes ulangan harian siswa pada materi keragaman budaya dan suku bangsa yang ada diindonesia yaitu masih diangka 40, rata-rata nilai tersebut masih dibawah kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu diangka 65, hal ini menunjukan masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya dan suku bangsa yang ada diindonesia, oleh karena itu model pembelajaran menggunakan media papan buletin ular tangga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dikelas IV. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran menggunakan media papan buletin ular tangga dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di kelas IV SDN 2 KRESNOMULYO setiap siklus pada materi keragaman budaya dan suku bangsa yang ada diindonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas ( PTK ) penelitian dilaksanakan pada 2 siklus, tiap siklus terdiri atas, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 KRESNOMULYO yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi dalam keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media ular tangga. Hasil yang diperoleh dari hasil penelitian ini antara lain 1) keterlaksanaan model pembalajaran menggunakan media papan buletin ular tangga pada materi keragaman budaya dan suku bangsa indonesia hasil belajar siswa diukur melalui hasil evaluasi setelah pembajaran selesai pada setiap siklusnya hasil belajar pada evaluasi diakhir pembelajaran menggunakan metode permainan ular tangga mengalami peningkatan ditunjukan hasil belajar siswa pada setiap tindakan sebagai berikut ; nilai awal sebelum ditentukan tindakan menunjukan nilai rata-rata 40. Masih dibawah nilai kkm yang ditentukan yaitu 65 pada tindakan siklus 1 menunjukan nialai rata-rata 60 dan tindakan siklus II berada diangka 80.bentuk pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran akan lebih efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa, perencanaan yang baik dapat menciiptakan pembelajaran yang berkualitas salah satu contohnya iii dengan menggunakan media ular tangga dengan materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa akan berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran Kata kunci: Hasil belajar siswa, Media Ular Tangga, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:54
Last Modified: 22 Jun 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19555

Actions (login required)

View Item View Item