PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC PEMBELAJARAN PAI UNTUK SISWA SMP N 3 JATIAGUNG

Dani, Ardiyanto (2022) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC PEMBELAJARAN PAI UNTUK SISWA SMP N 3 JATIAGUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of tesis 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of tesis dani ardiyanto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki seorang pendidik dalam menyelesaikan kewajibannya adalah dengan memanfaatkan media. Pemanfaatan media dalam pembelajaran tergeser sangat penting bagi pengajar agar pembelajaran lebih menarik, berimajinasi, dan tidak melenceng dari kemampuan yang ingin dicapai sehingga siswa tidak kelelahan selama sistem pembelajaran sedang berjalan. Kemampuan dalam memanfaatkan media pembelajaran sebaiknya didominasi oleh pengajar dengan baik, namun sebenarnya pendidik belum melibatkan pergeseran media pembelajaran dalam mendominasi media pembelajaran sehingga dalam melakukan sistem pembelajaran masih tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran, mendeskripsikan respons pengguna media e-comik, serta mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran berbasis e-comik terhadap mata pelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE, penelitian ini mengambil subyek pendidik, dan peserta didik kelas VIII di SMP N 3 jati agung lampung selatan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan sampling sistematis.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Produk dari hasil pengembangan ini telah membuktikan bahwa hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa indonesia bahwa media ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di MTs/SMP. Hasil validasi ahli media dan ahli materi, media ini dinyatakan layak untuk digunakan, hal ini dapat dilihat dari hasil validasi kedua ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 80% dan 81%. Sedangkan hasil validasi kedua ahli materi memperoleh nilai sebesar 91% dan 86% dan hasil validasi ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 89% dan 94%. Respond peserta didik terhadap media e�comik yang di kembangkan sangat baik. Hal tersebut dapat di lihat dari respond peserta didik dalam menjawab angket yang di berikan. Dan akumulasi atau di hitung Pada Ujicoba lapangan skala kecil yang dilakukan oleh 10 peserta didik diperoleh nilai sebesar 607 dari nilai maksimal 750 .Sedangkan ujicoba skala besar yang dilakukan oleh 30 peserta didik diperoleh persentase sebesar 62% sebelum menggunakan aplikasi dan 77,67% sesudah menggunakan aplikasi e�comik. setelah menggunakan aplikasi e-comik diperoleh kesimpulan bahwa hasil pelajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan media pembelajaran berbasis e-comic terdapat perbedaan yang signifikan yaitu memiliki selisih 15,67%, artinya hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis e-comic terdapat perbedaan dan peningkatan yang positif dan efektif. Kata Kunci: e-comik, hasil belajar, pengembangan media PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:19
Last Modified: 22 Jun 2022 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19553

Actions (login required)

View Item View Item