OPTIMALISASI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERDASARKAN ANALISIS SWOT DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI ERA PANDEMI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Dr.Koffie Indonesia)

Carina, Melinya (2022) OPTIMALISASI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERDASARKAN ANALISIS SWOT DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI ERA PANDEMI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Dr.Koffie Indonesia). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tantangan bisnis bagi UMKM untuk memasuki pasar global kedepannya akan semakin kompleks. Upaya mempertahankan bisnis selama masa pandemi dan pasca pandemi, perlu adanya strategi yang diterapkan. Salah satu UMKM yang sedang marak saat ini adalah usaha dengan bahan dasar kopi, bisnis coffee shop sangat banyak ditemui diberbagai daerah. Hal ini menimbulkan persaingan yang ketat menuntut para pengusaha coffee shop untuk selalu tanggap, berinovasi agar dapat menyesuaikan diri dalam menghadapi persaingan merebut pangsa pasar, dengan menjamurnya kedai kopi yang muncul diberbagai sudut kota, Seperti yang terjadi di Kota Bandar Lampung khusunya pada Coffee Shop Dr.Koffie Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana optimalisasi strategi pengembangan UMKM yang diterapkan Dr.Koffie Indonesia berdasarkan analisis SWOT sehingga mampu memperkuat eksistensi nya di tengah persaingan bisnis di era pandemi ? serta Bagaimana Implementasi etika bisnis Islam yang diterapkan Dr.Koffie Indonesia? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengoptimalan Strategi Pengembangan UMKM yang diterapkan Dr.Koffie Indonesia berdasarkan analisis SWOT dalam menghadapi persaingan bisnis sehingga mereka mampu terus bertahan dan mampu memperkuat eksistensi nya di tengah persaingan bisnis, bukan hanya sekedar mencari keuntungan duniawi semata namun juga mendatangkan keberkahan dan menjadi lebih responsif terhadap perubahan iklim bisnis terutama di era pandemic covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang memiliki keterkaitan dengan Dr.Koffie Indonesia. Sampel yang dipilih yakni 60 orang. Metode pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik member check dan triangulasi yang mengutamakan efektivitas proses dan hasil yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam diagram SWOT diperoleh titik koordinat sumbu X merupakan hasil perhitungan faktor internal dan sumbu Y merupakan faktor ekternal pada posisi titik nilai positif, positif (1,80 dan 1,47) artinya bahwa posisi Coffee Shop Dr.Koffie Indonesia berada pada kuadran 1 yang menunjukkan bahwa Coffee Shop memiliki posisi yang kuat dan memiliki banyak peluang. Dr.Koffie Indonesia direkomendasikan untuk menerapkan strategi SO dengan melakukan diversifikasi inovasi pengembangan produk, melakukan riset terhadap kepuasan konsumen, membuat serta mengajukan proposal bisnis pada daftar list investor pilihan, Mengoptimalkan digital marketing terutama Franchise untuk memperluas kemitraan, mengikuti pameran dan kompetisi, serta membangun jaringan yang luas untuk meraih kemajuan secara maksimal. Kata Kunci: Optimalisasi, Strategi pengembangan, UMKM, Coffee Shop Dan Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:35
Last Modified: 17 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19517

Actions (login required)

View Item View Item