PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI KELAS V SD/MI

NIVO, YUDANANI SAKA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NIVO YUDANANI SAKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan beberapa masalah yaitu dalam proses pembelajaran media yang digunakan peserta didik terbatas serta kurang bervariatif sehingga peserta didik kurang antusias dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada peserta didik dan mengetahui respon peserta didik dengan adanya buku bergambar sebagai media pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran buku bergambar dapat menstimulasi peserta didik untuk lebih kratif dan giat dalam belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). model pengembangan yang digunakan adalah 4D yaitu terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pada tahap Develop, media pembelajaran buku bergambar dinilai kelayakannya oleh validator yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa serta pendidik dan peserta didik kelas V. validasi diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada validator. Hasil penelitian ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 87% dengan kategori sangat layak, ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 62% dengan kategori layak, dengan penilaian peserta didik uji coba kelompok kecil diperolah nilai rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat layak, dan penilaian uji coba kelompok besar diperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran buku bergambar untuk ketrampilan menulis narasi kelas V SD/MI layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Buku Bergambar, Ketrampilan Menulis Narasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:29
Last Modified: 17 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19515

Actions (login required)

View Item View Item