PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP PENERAPAN TRANSFER PRICING

RINI, SENTIAWATI (2022) PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP PENERAPAN TRANSFER PRICING. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RINI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan transfer pricing tidak lepas dari globalisasi. Globalisasi berperan mengurangi atau bahkan menghilangkan hambatan antarnegara dalam rangka memindahkan arus barang, jasa, modal dan sumber daya manusia antarnegara. Menghadapi era globalisasi yang saat ini semakin modern menyebabkan perekonomian berkembang tanpa batas, bahkan negara sudah bukan menjadi batasan. Masalah-masalah baru akan muncul yang harus siap dihadapi. Salah satunya perusahaan mutinasional akan menghadapi masalah perbedaan pajak yang berlaku di setiap negara. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi sebuah transaksi transfer pricing. Berdasarkan latar belakang diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui pengaruh beban pajak terhadap penerapan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2017-2019; untuk mengetahui pengaruh tunneling incentive terhadap penerapan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2017-2019; untuk mengetahui pengaruh mekanisme bonus terhadap penerapan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2017-2019; untuk mengetahui pengaruh beban pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus secara simultan terhadap penerapan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2017-2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder. Populasi yang digunakan yaitu seluruh perusahaan manufaktur berganda yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2017-2019, sampel yang digunakan diperoleh 18 (delapan belas) perusahaan, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah beban pajak memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap penerapan transfer pricing, yang artinya bahwa beban pajak dapat mempengaruhi perusahaan dalam melakukan transfer pricing. Tunneling incentive memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan transfer pricing, yang artinya bahwa semakin besar saham yang dimiliki pemegang saham pengendali maka semakin besar pula peluang perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap penerapan transfer pricing, karena mekanisme bonus bukanlah alsan yang kuat yang digunakan perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Beban pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan transfer pricing, yang artinya bahwa ketiga variabel penelitian tersebut mempunyai kontribusi dalam keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Kata kunci: Beban Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Transfer Pricing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:51
Last Modified: 17 Jun 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19512

Actions (login required)

View Item View Item