KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DITINJAU DARI EMPATI ORANG TUA DAN JENIS KELAMIN ANAK (STUDI DI DESA SUKAMENANTI, KABUPATEN LAMPUNG UTARA)

DWI, MAYANG SARI (2022) KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DITINJAU DARI EMPATI ORANG TUA DAN JENIS KELAMIN ANAK (STUDI DI DESA SUKAMENANTI, KABUPATEN LAMPUNG UTARA). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Dwi Mayang Sari_skripsi ok.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi Orang Tua dan Anak Ditinjau Dari Empati Orang Tua dan Jenis Kelamin Anak Oleh: Dwi Mayang Sari Komunikasi Orang Tua dan Anak merupakan interaksi timbal balik antara orang tua (ibu dan ayah) dan anak yang merupakan jalinan yang mampu menawarkan rasa aman dan nyaman bagi anak melalui suatu koneksi yang memungkinkan keduanya untuk terlibat berkomunikasi sehingga ada kepercayaan dan keterbukaan dalam menghadapi dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan komunikasi orang tua dan anak ditinjau dari jenis kelamin anak dengan mengendalikan empati orang tua. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan komunikasi orang tua dan anak ditinjau dari jenis kelamin anak dengan mengendalikan empati pada orang tua di Desa Sukamenanti Populasi dalam penelitian ini adalah 71 orang tua yang memiliki anak usia 12-15 tahun di Desa Sukamenanti. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel berupa Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu, diantaranya: Ibu yang memiliki anak usia 11-15 tahun dan Ibu yang memiliki anak bersekolah di SMP/MTS Sukamenanti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala komunikasi orang tua dan anak (α 0,900), skala empati orang tua (α 0,895). Kemudian pada setiap skala dicantumkan identitas jenis kelamin anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anakova dan analisis correlations SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai analisis data yang dilakukan memperoleh nilai F = 7, 902 dengan signifikansi p = 0, 006 (p < 0, 01). Hal ini berarti pada penelitian ini hipotesis pertama dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan komunikasi orang tua dan anak ditinjau dari jenis kelamin anak dengan mengendalikan empati orang tua. Selain itu perolehan nilai rxy = 0, 351 dengan p = 0, 003 (p < 0,01), maka dapat dikemukan bahwa hipotesis kedua diterima (Ha) sedangkan hipotesis nihil ditolak (H0) ditolak. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara empati orang tua dengan komunikasi orang tua dan anak . Kata Kunci: Komunikasi Orang Tua dan Anak, Empati Orang Tua, Jenis Kelamin Anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:57
Last Modified: 14 Jun 2022 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19493

Actions (login required)

View Item View Item