EF EK T IV IT A S M E T OD E DE M ON S T RA S I M E L A LU I APLIKASI ZOOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK (Studi di TK Hidayatullah Sukarame)

EKA, PITAYANTI (2022) EF EK T IV IT A S M E T OD E DE M ON S T RA S I M E L A LU I APLIKASI ZOOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK (Studi di TK Hidayatullah Sukarame). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kognitif merupakan salah satu aspek penting dari perkembangan peserta didik yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran dan sangat menentukan keberhasilan mereka di sekolah. Di masa new normal ini, kita masih tetap di anjurkan untuk selalu menerapkan Social Distancing, Physical Distancing, dan mentaati protokol kesehatan. Zoom Meeting hadir menjawab semua permasalahan ini. Pendidik (guru) tetap bisa melaksanakan pembelajaran dengan nyaman dan menyenangkan secara live bersama dengan peserta didiknya di TK Hidayatullah Sukarame. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi melalui aplikasi zoom untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Hidayatullah Sukarame. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode demonstrasi melalui aplikasi zoom untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Hidayatullah Sukarame belum efektif. Hal ini terbukti dari perolehan data observasi pada indikator mengidentifikasi bahwa anak�anak mampu mengenal jenis transportasi dan mampu menunjukkan alat transportasi umum dan pribadi. Namun, pada indikator menyebutkan bahwa anak-anak belum mampu menyebutkan macam�macam alat transportasi dan istilah pengemudinya, memberi contoh macam-macam alat transportasi umum, dan mengungkapkan bahasa secara verbal tentang kegunaan alat transportasi. Dalam pada indikator mengklasifikasi anak-anak masih kurang mampu mengelompokkan alat transportasi berdasarkan jumlah roda dan membedakan alat transportasi berdasarkan tempatnya. Pada indikator memasangkan /menjodohkan anak-anak sudah mampu menghubungkan anak panah alat transportasi berdasarkan tempatnya, memasangkan gambar bagian-bagian alat transportasi, dan mencocokkan gambar pengemudi dengan alat transportasi yang dikemudikan. Sedangkan pada indikator mengambil kesimpulan anak-anak masih belum mampu untuk menyimpulkan dan mengungkapkan minat. Kata Kunci : Metode, Demonstrasi, Kognitif, Zoom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:08
Last Modified: 09 Jun 2022 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item View Item