PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALSTIK MELALUI KEGIATAN BERKEBUN DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RAHARJA LAMPUNG SELATAN

DZAKIYAH, LUTHFI N (2022) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALSTIK MELALUI KEGIATAN BERKEBUN DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RAHARJA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik sangatlah penting dari sejak dini agar kelak ketika anak- anak sudah dewasa mereka dapat mencintai dan melindungi alam sekitar sehingga tidak ada lagi kerusakan alam yang terjadi akibat perbuatan manusia yang kurang memiliki kecerdasan naturalistik. Anak-anak di TK Tunas Raharja masih ada diantara mereka yang belum memiliki rasa cinta dan melindungi terhadap alam yang ada di sekitarnya. Disamping itu dalam meningkatkan kecerdasan naturalistik tak luput dari peran seorang guru dalam membantu untuk mengembangkannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengungkapkan bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik melalui kegiatan berkebun di TK Tunas Raharja Kaliasin Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 orang anak dan 2 orang guru yang mengajar disana. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data,dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Berdasarkan hasil observasi terhadap peran guru disana, guru telah melaksanakan perannya seperti peran sebagai sumber belajar yaitu guru sudah mempersiapkan rencana pembelajaran dan media yang akan digunakan, selanjutnya peran sebagai pengelola yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang berbeda ketika dikelas dan di luar kelas, peran guru sebagai fasilitator yaitu telah memberikan sarana dan prasarana seperti menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk berkebun, kemudian peran guru sebagai demonstrator yaitu guru selalu mempraktekkan terlebih dahulu kegiatan yang akan dikerjakan sehingga anak akan memahami kegiatan pembelajaran yang diberikan guru, peran guru sebagai pembimbing guru selalu memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak untuk dapat menjaga dan merawat lingkungan serta selalu iii mengajak anak dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan maupun kegiatan lainnya, dan selanjutnya peran guru sebagai motivator yaitu guru selalu memberikan semangat, pujian, dan penghargaan kepada anak serta memberikan pertanyaan yang membuat anak semakin semangat dalam melaksanakan pembelajaran dengan baik, namun ada satu peran belum secara maksimal dilakukan yaitu peran sebagai evaluator yang mana guru hanya mengajak anak untuk melihat kembali hasil yang sudah ditanam nya dan memberikan pertanyaan yang sudah mereka tanam seperti proses dari bibit hingga panen namun untuk kelengkapan dokumen instrument penilaian perkembangan anak juga belum digunakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran guru sangatlah penting dalam proses perkembangan anak ketika di sekolah, oleh karena itu jika macam –macam peran guru dapat digunakan dan diterapkan semua nya dengan baik maka akan mendapatkan hasil yang diperolehnya dengan maksimal dan dapat mengembangkan kecerdasan naturalistik anak dengan baik. Kata kunci : Kecerdasan Naturalistik, Peran Guru iv ABSTRACT The teacher's role in developing naturalistic intelligence is very important from an early age so that later when the children are adults they can love and protect the natural environment so that there is no more natural damage that occurs due to human actions that lack naturalistic intelligence. There are still children in Tunas Raharja Kindergarten among those who do not yet have a sense of love and protection for the nature around them. Besides that, in increasing naturalistic intelligence, the role of a teacher is not spared in helping to develop it. The purpose of this study is to find out and reveal how the teacher's role in developing naturalistic intelligence through gardening activities at Tunas Raharja Kaliasin Kindergarten, South Lampung. This research uses descriptive qualitative method. The subjects in this study were children aged 5-6 years, totaling 23 children and 2 teachers who taught there. Data collection techniques using interview techniques, observation and documentation. The data analysis used is data reduction, data presentation, and conclusions or verification. Meanwhile, to test the validity of the data, the researchers used a triangulation technique of sources, techniques and time. Based on the results of observations of the teacher's role there, the teacher has carried out his role such as the role as a learning resource, namely the teacher has prepared lesson plans and media to be used, then the role as manager is the teacher uses different learning methods when in class and outside the classroom, the teacher's role as the facilitator, which has provided facilities and infrastructure such as preparing tools and materials used for gardening, then the role of the teacher as a demonstrator, namely the teacher always practices the activities to be carried out first so that children will understand the learning activities provided by the teacher, the role of the teacher as a teacher mentor always provides examples first for children to be able to maintain and care for the environment and always invite children in every activity related to the environment and other activities, and then the teacher's role as a motivator, namely the teacher always gives encouragement, praise, and encouragement. giving appreciation to children and asking questions that make children more enthusiastic in carrying out learning well, but there is one role that has not been maximally carried out, namely the role of evaluator in which the teacher only v invites children to look back at the results that have been planted and ask questions they have Planting is like the process from seed to harvest, but for the completeness of the document, the child development assessment instrument has not been used. So it can be concluded that the role of the teacher is very important in the process of child development while at school, therefore if the various roles of the teacher can be used and applied properly, they will get the maximum results and can develop children's naturalistic intelligence well. . Keywords: Naturalistic Intelligence, Teacher's Role

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:00
Last Modified: 09 Jun 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19448

Actions (login required)

View Item View Item