PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING KELAS IV SD/MI

ECA, PURNAMA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemui yaitu bahan ajar yang digunakan kurang menarik, karena hanya berisikan bahan ajar berupa buku paket dari pemerintah saja dimana buku paket tersebut belum banyak menampilkan soal-soal evaluasi setelah pembelajaran selesai, sementara pembelajaran yang secara daring ini membutuhkan bahan ajar yang memiliki inovasi yang lebih menarik seperti bahan ajar yang menampilkan banyak soal-soal didalamnya contohnya lembar kerja peserta didik (LKDP). tujuan dari penelitian ini adalah; untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik Melalui Pendekatan Discovery Learning materi indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation(Penerapan), and Evaluation (Evaluasi).Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDIT As-Salam Natar Lampung Selatan dan MIN 2 Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan. Data dari penelitian ini diperoleh dengan wawancara, angket dan juga dokumentasi. Hasil validasi pada lembar kerja peserta didik (LKPD) oleh ahli bahasa memperoleh rata-rata presentase 87,5% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh rata-rata presentase 84% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh rata-rata presentase 84% dengan kategori sangat layak. Penilaian pada respon pendidik memperoleh rata-rata prsesentase 84% dengan kategori sangat layak, dan rsepon peserta didik pada uji coba skala kecil di di SDIT As�Salam memperoleh rata-rata presentase 81,62% dengan kategori sangat layak serta pada uji coba skala besar di MIN 2 Lampung Selatan memperoleh rata-rata presentase 81,85% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa (LKPD) pada kriteria sangat menarik dan layak dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:00
Last Modified: 08 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19423

Actions (login required)

View Item View Item