PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEHNIK BIBLIOTHERAPY DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Tika, Istiqomah (2022) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEHNIK BIBLIOTHERAPY DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIKA ISTIKOMAH KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Bibliotherapy Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Peserta Didik Di Smk Muhammadyah 2 Bandar Lampung”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Bibliotherapy Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Peserta Didik Di Smk Muhammadyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Layanan bimbingan konseling dengan teknik biblioterhapy untuk mengingkatkan prilaku belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung telah dilaksanakan oleh guru BK, Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik dilakukan dengan 5 kali pertemuan yang dilaksanakan diruang BK, pelaksanaan berjalan dengan sangat lancar dimana peserta didik memahami konteks dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok tersebut, kemudian peserta didik mengikuti dengan semangat dan tertib di setiap instruksi yang diberikan oleh peserta peneliti, Hasil dari pemberian layanan dilihat dari evaluasi yang telah peneliti lakukan ditemui bahwa layanan bimbingan konseling dengan teknik biblioterhapy mampu meningkatkan perilaku belajar peserta didik, hal ini terlihat dari kesungguhan peserta didik yakni ingin memperbaiki prilaku belajar mereka agar mendapatkan ilmu dan nilai yang baik. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Biblioterhapy, Perilaku Belajar iii ABSTRACT The author takes the title "Implementation of Group Guidance Services with Bibliotherapy Techniques in Improving Student Learning Behavior at Smk Muhammadyah 2 Bandar Lampung". This study aims to describe the implementation of Group Guidance Services with Bibliotherapy Techniques in Improving Students' Learning Behavior at Smk Muhammadyah 2 Bandar Lampung. This research is descriptive and is included in the type of qualitative research using data collection techniques in the form of interviews, documentation and observation. The results of this study indicate that counseling guidance services with bibliotherapy techniques to improve student learning behavior at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung have been carried out by BK teachers. where students understand the context in the implementation of the group guidance service, then students follow enthusiastically and orderly in every instruction given by the research participants. The results of service delivery seen from the evaluation that researchers have done found that counseling guidance services with bibliotherapy techniques are able to improve learning behavior students, this can be seen from the seriousness of students who want to improve their learning behavior in order to get good knowledge and grades. Keywords: Group Guidance, Biblioterhapy, Learning Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:03
Last Modified: 07 Jun 2022 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19412

Actions (login required)

View Item View Item