PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK RAUDHATUL ULUM PESISIR BARAT

WAHYUNI, NOVENZA (2022) PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK RAUDHATUL ULUM PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (719kB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan di TK Raudhatul Ulum Pesisir Barat khususnya pada anak kelompok B1 peneliti melihat kegiatan belajar mengajar cenderung monoton dikarnakan guru hanya berpaku pada kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Kurangnya kegiatan yang berkaitan dengan alam serta penggunaan metode yang masih monoton. Guru lebih sering menggunakan gambar dari pada benda asli padahal sebenarnya mudah mendapatkannya di alam. Guru lebih suka belajar didalam ruangan daripada di luar ruangan (alam terbuka). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode proyek dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak kelompok B1 di TK Raudhatul Ulum Pesisir Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru dan 19 orang anak, alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu Reduksi data, Display data dan Verifikasi/menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasannya pada bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan metode proyek dalam mengembangkan kecerdasan naturalis pada kelompok B1 di TK Raudhatul Ulum Pesisir Barat sudah diterapkan sesuai dengan langkah-langkahnya, yaitu pertama guru menyiapkan tempat dan perlengkapan metode proyek, guru melakukan apersepsi dan memotivasi anak dengan mengadakan tanya jawab, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, guru menyampaikan aturan kegiatan, pembentukan anak dalam bentuk kelompok, guru memberi contoh terlebih dahulu, anak memperhatikan dan kemudian mencoba menanam tanaman seperti yang sudah dicontohkan oleh gurunya, guru mengamati sambil memberi penilaian, guru mengevaluasi dengan mengajukan tanya jawab kepada anak mengenai kegiatan yang telah mereka lakukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode proyek sudah diterapkan sesuai dengan langkah-langkah yang dapat mengembangkan kecerdasan naturalis anak secara optimal, efektif dan efisien. Kata Kunci : Metode Proyek, Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:55
Last Modified: 06 Jun 2022 09:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19399

Actions (login required)

View Item View Item