PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B LAMPUNG TENGAH

Nur, Rohmah Khuryati (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 - BAB 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B LAMPUNG TENGAH Penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran video animasi stop motion pada Pendidikan karakter taman kanak-kanak kelompok B. Media pembelajaran video animasi stop motion ini dibuat untuk membantu dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi dan menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menyenagkan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap imlpimentasi (Implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan oleh satu media, dua ahli materi, satu ahli Bahasa dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari ujian skala kecil dengan 15 peserta didik dan uji skala besar 25 peserta didik. Penelitian ini dilakukan Tk Aisyiyah dan Tk Al Hidayah Kalirejo Lampung Tengah. Berdasarkan tahap-tahap tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi stop motion pada pendidikan karakter taman kanak- kanak kelompok B memperoleh rata-rata ahli media sebesar97,3% dengan kriteria sangat baik, nilai rata-rata ahli materi sebesar 98% dengan kriteria sangat baik, nilai rata-rata ahli bahasa sebesar 100% dengan kriteria sangat baik , dan penilaian respon pendidik memperoleh nilai rata-rata sebesar 95% dengan kriteria sangat baik, tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata presentase sebesar 81% dengan kriteria sangat baik, dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata presentase sebesar 145% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran video animasi stop motion pada pendidikan karakter layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media , Animasi Stop Motion, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:41
Last Modified: 06 Jun 2022 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19395

Actions (login required)

View Item View Item