PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

MAYSI, Satimin (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MEYSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan disukai oleh anak-anak, bermain dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan di SD/MI di dapati bahwa bentuk media pembelajaran yang digunakan belum begitu menarik peserta didik untuk belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran yaitu pengemabangan media permainan monopoli. Rumusan masalah dari penelitian ini, sebagai berikut: Bagaimanakah langkah-langkah pengembangan media permainan monopoli untuk meningkatkan keterampilan berbicara?; Bagaimanakah kelayakan media permainan monopoli untuk meningkatkan keterampilan berbicara?; Bagaimanakah respon peserta didik terhadap media permainan monopoliuntuk meningkatkan keterampilan berbicara?. Peneliti menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dilakukan hingga pada langkah ke lima, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut; Analisis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Berdasarkan langkah-langkah diatas, peneliti menghasilkan suatu produk berupa media permainan monopoli pada pembelajaran tematik. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata 79% “Layak”. Hasil penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata 80% “Layak”. Hasil penilaian dari praktisi pendidikan memperoleh rata-rata 82% “Sangat Layak”. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba kelas kecil memperoleh rata-rata 92% “sangat Layak”. Hasil uji coba kelas besar memperoleh rata-rata 88% “Sangat Layak”. Media permainan monopoli layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar. Kemudian untuk perhitungan uji efektivitas peserta didik dengan media permainan monopoli dari perhitungan N-gain memeproleh penilaian 0,73 dengan kriteria sedang. Kata kunci: Media Permainan Monopoli, Pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:24
Last Modified: 06 Jun 2022 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item View Item