PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

ANGGA, SAPUTRA (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS ANGGA SPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajran daring terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 15 Bandar lampung. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX. Teknik pengambilan sampel penelitian ini ialah probability sampling dengan menggunakan sampel random sampling. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket yang berisi butir-butir pernyataan yang akan diisi tanda chek list. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data analisis Regresi Liniear Multiple sebesar 1,215 dengan signifikansi (Sig.) sebesar ,037b dan diperoleh sebesar 3.05 dengan demikian < atau 1,215 > 3,05 atau nilai sig 0,300 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Hal tersebut berarti tingginya tingkat pengaruh Pembelajaran Daring maka aktivitas belajar Siswa dan hasil belajar kognitif siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 15 Bandar Lampung semakin bagus dan sebaliknya rendahnya pengaruh tingkat Pembelajaran Daring maka aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa, variabel pembelajaran daring dalam penelitian ini tidak berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:57
Last Modified: 06 Jun 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19390

Actions (login required)

View Item View Item