PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATIFISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI ADVERSITY QUONTIENT (AQ)

AHMAD, KHADAFI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATIFISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI ADVERSITY QUONTIENT (AQ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD KHADAFI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran ARCS Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Oleh Ahmad khadafi Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran ARCS memberikan pengaruh terhadap kemampuan Hasil Belajar IPS siswa secara efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis yang memiliki AQ tipe Quitters, Campers, dan Climbers, serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan AQ terhadap Hasil Belajar IPS siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD N 1 Jatimulyo Lampung Selatan. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik random sampling. Materi yang digunakan pada pnelitian ini adalah Semangat Berkerja. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji anava dua arah (Two Way Analysis of Variance), dengan taraf signifikansi ≤ 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Maka diperoleh kesimpulan (1) Model pembelajaran ARCS memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar IPS siswa, (2) terdapat pengaruh Adversity Quotient (AQ) terhadap Hasil Belajar IPS siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ARCS dan AQ terhadap Hasil Belajar IPS siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran ARCS, Hasil Belajar IPS Siswa, Adversity Quotient (AQ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:02
Last Modified: 06 Jun 2022 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19387

Actions (login required)

View Item View Item