ANALISIS DAMPAK ETOS KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI KARET PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Petani Karet di Desa Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara)

AHMAD, MUSTOFA (2022) ANALISIS DAMPAK ETOS KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI KARET PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Petani Karet di Desa Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AHMAD MUSTOFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bekerja merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk bisa memenuhi hidupnya dan hidup keluarganya. Dalam bekerja seseorang memerlukan etos kerja yang tinggi agar hasil kerjanya bisa lebih maksimal, tak terkecuali petani karet. Seorang petani harus memiliki etos kerja yang baik supaya pendapatan mereka bisa bertambah. Etos kerja bisa diartikan sebagai semangat yang tumbuh dari seseorang atau kelompok terhadap kerja yang sudah mendarah daging atau melekat pada diri mereka. Dalam bekerja petani karet di desa Kalibaalangan harus menjunjung tinggi nilai-nilai dari etos kerja itu sendiri sebagai contoh adalah kejujuran. Dalam menghasilkan getah karet petani karet harus jujur tidak boleh mencampurkan getah dengan air, tanah, tatal, dll sehingga tidak ada yang merasa dirugikan dalam jual beli getah di desa Kalibalangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah etos kerja berdampak pada pendapatan petani karet dan bagaimana dampak etos kerja terhadap pendapatan perspektif ekonomi islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak etos kerja terhadap pendapatan dan untuk mengetahui bagaimana dampak etos kerja terhadap pendapatan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode analisis kualitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah petani karet di desa Kalibalangan yang berjumlah 218 orang. Pengambilan sampel wawancara menggunakan simple random sampling yang diambil dari 10% keseluruhan jumlah populasi yaitu 22 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa etos kerja melalui beberapa indikator yaitu kerja keras, semangat, jujur, cermat, dan tanggu memang terbukti dapat berdampak bagi pendapatan petani karet di desa Kalibalangan kecamatan Abung Selatan Lampung Utara. Dengan kerja keras dan semangat dalam bekerja akan membuat para petani karet di desa kalibalangan dapat meningkatkan lagi hasil dari getah karet yang mereka sadap dengan begitu penapatan mereka juga akan semakin bertambah. Kejujuran dari para petani karet dalam bekerja juga akan membawa keberkahan sindiri bagi kehidupan mereka yang juga dapat mempengaruhi pendapatan mereka. Sedangkan kecermatan dan ketangguhan akan dapat meminimalisir kesalahan saat bekerja sehingga penghasilan pendapatan akan lebih maksimal. Menurut perspektif islam etos kerja memang terbukti dapat berdampak bagi pendapatan petani karet di desa Kalibalangan. Hal ini dibuktikan dengan salah satu ayat A l-Qur’an, surah AR Ra’d ayat 11 bahwasanya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu sendiri yang berusaha dengan keras untuk merubahnya. Kata Kunci: Etos Kerja, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 06:45
Last Modified: 03 Jun 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19370

Actions (login required)

View Item View Item