PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

INDRAWAN, AL IKHSAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI_INDRAWAN_AL_IKHSAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS Oleh Indrawan Al Ikhsan Penelitian ini bertujuan untuk media berbasis Augmented Reality pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar untuk kemampuan penalaran matematis. Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan bahan ajar media berbasis Augmented Reality pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar untuk kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian reseach and development dengan model penelitian ADDIE ( Analisys, Desaign, Development, Implementation, dan Evaluation ). Pada tahap development melibatkan 6 validator ( empat validator ahli materi dan empat validator ahli media) untuk menilai kelayakan materi dan media yang baik dan benar. Tahap Implementation melibatkan 35 peserta didik ( 10 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 35 peserta didik uji coba kelompok besar). Hasil validasi ahli materi dari 6 validator menunjukan bahwa secara keseluruhan produk memperoleh hasil validasi ahli materi nilai rata-rata sebesar 3,9 dan hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6. Sementara uji coba kelompok kecil dari 10 peserta didik di UPT SMP Negeri 29 Bandar Lampung diperoleh hasil kemenarikan media berbasi Augmented Reality dengan nilai rata-rata sebesar 3,8. Pada uji coba kelompok besar yang dilakukan di UPT SMP Negeri 29 Bandar Lampung memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,8. Pada uji keefektifan video pembelajaran diperoleh hasil perhitungan menggunakan effect size 0,52 dengan kriteria sedang maka dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis Augmented Reality sangat layak dan sangat menarik. Kata Kunci : Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Penalaran Matemati

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:46
Last Modified: 03 Jun 2022 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item View Item