ANALISIS PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK DI SDIT TELADAN KOTA AGUNG

FA’IZATUL, ABIDAH (2022) ANALISIS PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK DI SDIT TELADAN KOTA AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FAIZATUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Era modern sangatlah penting untuk memberikan bekal pendidikan akhlak untuk peserta didik. Peserta didik diharapkan terbiasa bersikap sopan dan selalu berbuat hal�hal terpuji lainnya dalam kehidupan bermasyarakat baik pada saat masih usia sekolah maupun pada saat mereka besar nanti. SDIT TELADAN Kota Agung mempunyai kegiatan bina pribadi islam seperti kegiatan setiap pagi: membaca ayat-ayat pendek sebelum KBM di mulai, sholat dzuhur berjama’ah, sholat dhuha berjama’ah, tahsin, infaq, menggunakan pakaian sesuai dengan syaria’at islam. Dengan adanya BPI diharapkan mampu membentuk akhlak terpuji pada individu peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis dari pelaksanaan program bina pribadi islam dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di SDIT Teladan Kota Agung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer adalah data yang pertama kali dicetuskan oleh peneliti melalui usaha dan pengalaman langsung. Data primer didapatkan langsung dari responden: guru dan peserta didik mengenai pelaksanaan program bina pribadi islami dan data sekunder adalah menyirat informasi yang sudah dikumpulkan dan dicatat oleh orang lain seperti: jurnal, buku, situs web dan publikasi pemerintah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Program Bina Pribadi Islam SDIT Teladan Kota Agung sudah berjalan dengan baik, kemudian dalam proses pelaksanaan kegiatan tersebut menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, cerita sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Kata Kunci: Akhlak Terpuji, Program BPI. iv ABSTRACT The modern era is useful for providing moral education for students. Students are expected to get used to being polite and always doing other commendable things in social life both at school age and when they grow up. SDIT TELADAN Kota Agung has Islamic personal development activities such as activities every morning: reading verses before the KBM starts, praying dzuhur in congregation, praying dhuha in congregation, tahsin, infaq, wearing clothes according to Islamic law. With the existence of BPI, it is expected to be able to form commendable morals in individual students. This study aims to describe the analysis of the implementation of the Islamic personal development program in the formation of commendable morals of students at SDIT Teladan Kota Agung. This type of research uses a qualitative descriptive approach. Data collection with interview, observation and documentation techniques. Primary data is obtained directly from respondents regarding the implementation of the Islamic personal development program and secondary data is obtained from theories and archived documentation from schools. The results of the study indicate that the implementation of the Islamic Personal Development Program at SDIT Teladan Kota Agung has been going well, but in the process of implementing these activities using exemplary methods, habituation, advice, stories so that they are easily understood by students. Keywords: BPI Program, Praiseworthy Morals

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:09
Last Modified: 02 Jun 2022 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19350

Actions (login required)

View Item View Item