PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK OLEH GURU BK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP PGRI 1 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI

ABDI, ESAWAN (2022) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK OLEH GURU BK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP PGRI 1 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ABDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri dalam proses belajar dikelas sangat berpengaruh untuk perkembangan peserta didik tersebut. Dalam proses belajar di sekolah biasanya banyak macam tingkah laku peserta didik yang terlihat,seperti ada peserta didik yang pintar tetapi malu untuk aktif dikelas karena merasa takut disalahkan oleh pendidik. Dalam hal ini peran seorang pendidik BK sangat dibutuhkan untuk mengupaayakan agar peserta didik memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Selain pendidik mata pelajaran pendidik BK juga berperan sangat penting bagi peserta didik agar dapat membantu peserta didik mengembangkan potensi dan mengatasi masalah-masalah yang dihadapi peserta didik. Pemberian konseling kelompok sangat efektif untuk membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh beberapa siswa atau anggota kelompok karena konseling kelompok lebih memberikan ruang kepada peserta didik dalam mengambil keputusan untuk mengubah tingkah lakunya, pengambilan keputusan sendiri merupakan hal yang didukung oleh kesadaran yang tinggi sehingga menciptakan perubahan tingkah laku. tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Konseling Kelompok Guru BK Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta didik SMP PGRI Wayserdang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi . Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti, Guru BK berperan dalam memberikan layanan konseling kelompok, dilihat dari pelaksananya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok memiliki tujuan yang jelas dalam melaksanakan layanan, yaitu untuk menjadikan peserta didik dapat meningkatkan percaya diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2022 03:36
Last Modified: 30 May 2022 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19279

Actions (login required)

View Item View Item