MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN WARNA DENGAN MEDIA BENANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AZKIA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

AULIA, PUTRI P (2022) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN WARNA DENGAN MEDIA BENANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AZKIA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Aulia Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa produk maupun gagasan. Adapun penelitian ini di latar belakangi masalah rendahnya kreativitas anak dalam memadukan warna. Baik saat mewarnai, menggambar, melukis ataupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan warna. Masalah yang akan di teliti yakni, tentang kreativitas anak melalui permainan warna dengan media benang. Penelitin ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, menggunakan desain model Suharsimi Arikunto. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana satu siklus terdiri dari empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Azkia Sukabumi Bandar lampung dengan subyek penilitian peserta didik usia 5-6 tahun kelas B2 dengan indikator keberhasilan mencapai 75% bertujuan untuk mengetahui melalui permainan warna dengan media benang dapat mengembangkan kreativitas anak. Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas anak tentu harus dilakukan dan direncanakan secara baik agar berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Berdasarkan pengamatan dari siklus I peserta didik menunjukkan perkembangan dalam aspek kreativitas baik penggunaan warna, kerapihan, kecepatan dan menggunakan ide dan imajinasinya dalam permainan warna. Presentase pada siklus I mencapai Presentase 20% BB dengan jumlah anak 3, 40% MB dengan jumlah anak 6, 26% BSH dengan jumlah anak 4 dan 14% BSB dengan jumlah anak 2. Kemudian hasil penelitian yang dilakukan pada siklus II dapat dilihat perkembangan anak yang lebih bersemangat ikut terlibat dalam beberapa kegiatan, serta kefokusan, kerapihan dan kecepatan anak juga sudah berkembang. Dapat dilihat pada hasil tingkat perkembangan kreativitas anak siklus II yang belum berkembang 0%, mulai berkembang 3 anak (20%), berkembang sesuai harapan 3 anak (20%), dan berkembang sangat baik 9 anak (60%). Dengan ini artinya menandakan bahwa tingkat perkembangan anak berkembang sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Kata Kunci : Kreativitas, Permainan Warna Media Benang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2022 03:32
Last Modified: 30 May 2022 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19278

Actions (login required)

View Item View Item