PENGARUH PINJAMAN MODAL DAN DISTRIBUSI PRODUK TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Sentra Industri Olahan Seafood di Kec. Dente Teladas, Kab. Tulang Bawang, Prov. Lampung)

Rike, Imei Linka (2022) PENGARUH PINJAMAN MODAL DAN DISTRIBUSI PRODUK TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Sentra Industri Olahan Seafood di Kec. Dente Teladas, Kab. Tulang Bawang, Prov. Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RIKE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UMKM yang merupakan usaha yang produktif yang dikembangkan untuk mendukung perkembangan ekonomi. Kecamatan Dente Teladas yang memiliki potensi perikanan dalam mengembangkan sentra olahan seafood. Masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya adalah keterbatasan modal dan kesulitan distribusi produk pada UMKM di Indonesia. Pinjaman modal merupakan problema penting dalam perkembangan UMKM maupun usaha lainnya. Permasalahan tersebut menyebabkan jalannya distribusi mengalami hambatan terlebih lagi di era pandemi covid-19 ini yang memiliki pengaruh terhadap kondisi ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pinjaman modal dan distribusi produk terhadap perkembangan UMKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh pinjaman modal dan distribusi produk terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di era pandemi covid-19 secara parsial di Kecamatan Dente Teladas, bagaimanakah pengaruh pinjaman modal dan distribusi produk terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di era pandemi covid-19 secara simultan di Kecamatan Dente Teladas, bagaimanakah pinjaman modal dan distribusi produk terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di era pandemi Covid-19 dalam perspektif ekonomi islam di Kecamatan Dente Teladas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen untuk memperoleh data dari sampel 30 pemilik UMKM sentra olahan seafood di Kecamatan Dente Teladas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner,dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan bantuan program SPSS 21. Secara keseluruhan hasil analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dapat disimpulkan secara parsial (uji T) bahwa variabel pinjaman modal signifikansi sebesar 0,036 < 0,05 dan t hitung yakni 2,205 dengan t tabel = 2,052, t hitung>t tabel sehingga pinjaman modal berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM di era pandemi covid-19 dan variabel distribusi produk untuk variabel distribusi produk signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 dan t hitung yakni 3,096 dengan t tabel = 2,052 jadi t hitung>t tabel sehingga distribusi produk berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM di era pandemi covid-19. Secara simultan (uji F) nilai F hitung = 5,990 > F tabel = 3,35 dan sig 0,007 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel pinjaman modal dan distribusi produk berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM di era pandemi covid-19. Kata Kunci: Pinjaman Modal, Distribusi Produk, Perkembangan UMKM, Pandemi Covid-19, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2022 06:38
Last Modified: 27 May 2022 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item