FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR

Rayhan, Ramadhan (2022) FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Rayhan Ramadhan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABTRAK Hubungan filsafat dengan pendidikan bisa juga dilihat dengan mengidentifikasi pendekatan yang ada dalam filsafat kemudian dikaitkan dengan pendidikan. Pendekatan itu adalah spekulatif, preskriptif, dan analitis. Pendekatan spekulatif berarti memikirkan secara sistematis tentang segala sesuatu yang ada. Ini terdorong oleh daya manusia yang ingin melihat segala sesuatu sebagai keseluruhan. Dalam bidang pendidikan, pendekatan ini diterapkan untuk menjelaskan konsepsi tentang kenyataan. Misalnya, mengenai pengertian dasar manusia menurut filsafat antropologi, mengenai pengertian pendidikan, sekolah, pendidik, anak didik, dan sebagainya Menurut Ahmad Tafsir, manusia mëmpunvai tiga "antena." Pertama indera. Indera harus dilatih agar mampu memperoleh pengetahuan tingkat tinggi. Indera harus dibantu dengan metode sains agar mampu menghasilkan sains yang berguna dan baik. Kedua, akal. Akal juga harus dilatih, jangan dirusak. Akal bisa dilatih dengan selalu berpikir agar mampu menghasilkan pemikiran yang logis tatkala manusia menyelesaikan masalah-masalah kehidupan. Ketiga, hati. Hati juga harus dilatih, namun demikian, dalam kenyataannya, sekarang ada kekurangseimbangan di antara ketiga "antena" itu. Sains dan filsafat kita tinggi, tetapi pengetahuan tentang yang gaib acapkali rendah Dalam pendidikan Islam Ahmad Tafsir merumuskan dengan mengunakan pendekatan Islam al-khuluq (karakter), al-khuluq sendiri adalah bentuk jamak dari akhlak. Atau pendekatak sepiritual (batiniah) bukan kondisi luar yang mencakup althab‟u (tabiat) dan al�sajiyah (bakat). Dalam pendekatan ini menjadi khas; satu sifat atau kualitas yang tetap terus menerus dan kekal yang dapat dijadikan ciri untuk mengidentifikasi seorang pribadi. Elemen karakter terdiri atas dorongan-dorongan, insting, refleks-refleks, kebiasaan-kebiasaan dan kecenderungan-kecenderungan, perasaan, emosi, sentimen, minat, kebajikan dan dosa serta kemauan Kata Kunci : Filsafat, Pendidikan Islam, Ahmad Tafsir

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2022 03:56
Last Modified: 27 May 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item