PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM BINA BALITA BANDAR LAMPUNG

YOSI, PADILA (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM BINA BALITA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang nya kemampuan kognitif anak hal ini dikarenakan proses pembelajaran di TK Islam Bina Balita Bandar Lampung belum terlaksana secara maksimal. Dan belum pernah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Kondisi diatas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilakukan kolaboratif antara pendidik dan peserta didik dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang tahapnya meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan , observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik TK Islam Bina Balita Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Peningkatan dapat dilihat pada data pra penelitian dari 14 anak yang berkembang sangat baik belum ada, setelah melakukan tindakan pada siklus I berkembang sangat baik ada 3 anak (21,4%) , pada siklus II yang berkembang sangat baik ada 12 anak (85,7%) . Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi standar keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu anak yang berkembang sangat baik mencapai 75% dari keseluruhan peserta didik. Kata kunci : Kognitif , Geometri, Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2022 08:06
Last Modified: 25 May 2022 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item View Item