PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN INVESTMENT OPPORTUNITYSET(IOS)TERHADAP NILAIPERUSAHAAN MENURUTPERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus Pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan BuildingConstruction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Bayu, Adi Wibowo (2022) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN INVESTMENT OPPORTUNITYSET(IOS)TERHADAP NILAIPERUSAHAAN MENURUTPERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus Pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan BuildingConstruction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAYU ADI WIBOWO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dunia bisnis pada saat ini semakin bertambah pesat dan juga selalu mengalami kemajuan dari tahun ke tahunnya. Kemajuan tersebut diikuti juga oleh persaingan yang sangat ketat antar perusahaan demi tercapainya tujuan perusahaan. Pada hakikatnya pendirian suatu perusahaan haruslah memiliki tujuan yang jelas, mengungkapkan bahwa terdapat beberapa tujuan pendirian perusahaan, tujuan perusahaan yang pertama adalah untuk mencapai keuntungan maksimal atau laba yang sebesar-besarnya. Tujuan perusahaan yang kedua adalah ingin mensejahterakan pemilik perusahaan atau para pemegang saham (shareholders welth maximization). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara struktur kepemilikan dan investment opportunity set (IOS) terhadap nilai perusahaan menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran, sedangkan variabel dependennya adalah tingkat penjualan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak dan ditentukan oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yaitu uji t secara parsial, uji f secara simultan dan uji determinasi (R2 )pengolahan data dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian ini ditunjukan dengan menggunakan uji hipotesis parsial (t), simultan (F) dan R2 . Berdasarkan hasil uji parsial (t) pada variabel struktur kepemilikan memiliki nilai t-hitung sebesar sebesar 0,520 > dari 0,05. Sedangkan pada variabel Invesment Opportunity Set memiliki nilai t-hitung sebesar sebesar 0,600 > dari 0,05. Hasil uji Simultan menunjukkan bahwa nilai F-hitung sebesar 7,027 lebih besar dari F tabel yaitu (7,027 > 2, 47) dengan signifikansi sebesar 0,004 < 0,005. Hasil di atas dilengkapi dengan pengujian koefisien Determinasi (R 2 ) menunjukkan seberapa besar presentase pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Nilai R2 = 0.372. Jadi, 0 < 0,372 < 1 sehingga dapat dinyatakan bahwa 37,2% nilai perusahaan (Tobin’s Q) dipengaruhi oleh variabel independen yaitu struktur kepemilikan (X1) dan Investment Opportunity Set (IOS) (X2), sedangkan sisanya sebesar 62,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Struktur Kepemilikan, Investment Opportunity Set (IOS), Nilai Perusahaan, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2022 07:40
Last Modified: 25 May 2022 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19249

Actions (login required)

View Item View Item