PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS KURIKULUM INTEGRASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

ELDA, SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS KURIKULUM INTEGRASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ELDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Karena pemahaman konsep adalah menguasai secara mendalam baik maksud maupun makna, sehingga dapat menjelaskan konsep secara berulang�ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom berbasis kurikulum integrasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar. Dimana kurikulum integrasi dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Eksperimental Design jenis posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Maarif 22 Sukanegara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anova dua jalan (Two Way Anova) sel tak sama dengan taraf signifikansi 0, 05 dan diperoleh hasil bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbasis kurikulum integrasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) Terdapat pengaruh gaya belajar Field Dependent dan Field Independent terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Flipped Classroom berbasis kurikulum integrasi dengan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci : Flipped Classroom, Field Dependent, Field Independent dan Pemahaman Konsep Matematis iii ABSTRACT The understanding ability of mathematics concept is essential capability for mathematical teaching. Since, the concept understanding is to overwhelm in depth, both intent and meanings. So that it can explain the concept repeatedly. This study aims to determine how the effect of the application of the Flipped Classroom learning model based on the Integrated Curriculum on the ability to understand mathematical concepts in terms of learning styles. Where the curriculum integration in this research was by applying the Islamic values in learning mathematics. This research is a quantitative study with research design a True Experimental Design type of posttest only control design . The populations in this study were all students of class VIII MTs Ma’arif 22 Sukanegara. The sampling technique used is Cluster Random Sampling. The data analysis technique used was the Two Way Anova test with unequal cells with a significance level of 0,05 and the results showed that (1) There was an effect of the Flipped Classroom learning model based on an integrated curriculum on students’ understanding ability to mathematical concepts, (2) There is an effect of Field Dependent and Field Independent learning styles on the understanding ability to mathematical concepts, and (3) There is no interaction between the Flipped Classroom learning model based on an integrated curriculum and learning styles on the understanding ability to mathematical concepts. Keywords: Flipped Classroom, Field Dependent, Field Independent, Understanding Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2022 06:32
Last Modified: 25 May 2022 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19242

Actions (login required)

View Item View Item