ANALISIS PERANAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pekon Sinar Mulya Kabupaten Pringsewu)

MUHAMMAD, FIKRI ALIM (2022) ANALISIS PERANAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pekon Sinar Mulya Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI M FIKRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana peran UMKM terhadap peningkatan Ekonomi Keluarga Karyawan pada UMKM Sinar Mulya. Tujuan untuk mengetahui peran UMKM terhadap peningkatan ekonomi masyarakat desa Sinar Mulya. Masalah dalam penelitian ini adalah analisis peran UMKM Citra Sari terhadap peningktan ekonomi masyarakat desa Sinar Mulya. Metode Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di UMKM Sinar Mulya tentang peran UMKM terhadap peningkatan ekonomi masyarakat desa Sinar Mulya. Maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa UMKM berperan penting bagi peningkatan ekonomi masyarakat desa Sinar Mulya karena mereka sudah mampu mncukupi kebutuhan hidup dan hal tersebut merupakan suatu peningkatan ekonomi masyarakat desa Sinar Mulya jika di tinjau dari sisi mikro ekonomi. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa lebih diharapakan supaya pemerintah memperhatikan dan meningkatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) agar terjadinya pemerataan pendapatan di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Kata kunci : Peranan UMKM, Ekonomi Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 08:02
Last Modified: 24 May 2022 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item View Item