ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus BUMDes Jaya Abadi Desa Purwodadi Simpang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan)

FAUZIAH, NURUL IFAH (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus BUMDes Jaya Abadi Desa Purwodadi Simpang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FAUZIAH NURUL IFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perubahan yang terjadi di era reformasi saat ini salah satunya adalah perubahan sistemdari sentralisasi menjadi desentralisasi. Hal ini menjadikan desa memiliki hak dan kewenangan penuh dalam mengelolapemerintahnya sendiri. BUMDes merupakan kelembagaan ekonomi yang dikelola sepenuhnya oleh masyarakat desa. BUMDes Jaya Abadi merupakan lembaga ekonomi yang baru beroperasi sehingga masih terdapat beberapa masalah dalam pelaksanaannya seperti rendahnya sumber, kurangnya komunikasi sehingga dampak ekonominya terhadap masyarakat desabelum begitu terasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa implementasikebijakan BUMDes, serta pandangan ekonomi islamkebijakan BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Teori yang digunakan pada penelitian ini mengenai implementasi kebijakan menurut George Edward III.Pada penelitian ini metode yang dipergunakan peneliti ialah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data peneliti berupa primer didapatkan secara langsung dari narasumber melalui observasi dan wawancara dan data sekunder diperoleh dari buku-buku teori atau referensi yang berhubungan dengan BUMDes. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode, obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang peneliti dapat bahwa Impelemtasi kebijakan BUMDes Jaya Abadi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sudah berjalan namun belum terwujud secara ideal. Hal tersebut dikarenakan belum terpenuhinya indikator-indikator keberhasilan dari implementasi kebijakan seperti komunikasi dan sumber daya sehingga dampaknya terhadap peningkatan ekonomi belum secara keseluruhan dapat di rasakan oleh masyarakat.. Berdasarkan nilai-nlai dasar ekonomi islam implementasi BUMDes Jaya Abadi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat telah sesuai dengan dasar-dasar ekonomi islam Khalifah dan Takaful namun belum sesuai dengan nikai keadilan karena pada akad mukhabarah masih adanya ketidak transparannya BUMDes dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat yang bekerjasama. . Kata Kunci: Implementasi, BUMDes, Perekonomian Masyarakat, Ekonomi Islam,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 04:30
Last Modified: 24 May 2022 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item