PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA DI SD/MI

ENI, INDRIYANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA DI SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2 ,DAPUS  ENI INDRIYANI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ENI INDRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, gambar pada buku paket masih kurang lengkap dan menarik sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran menyimak berlangsung. Siswa jarang mendapatkan media software yang dapat mempermudah dalam memahami isi materi khususnya pada pembelajaran menyimak. Mengembangkan media wayang yang lebih menarik dan efisien untuk siswa dan guru. Penelitian ini dibertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media wayang berbasis digital terhadap keterampilan menyimak cerita pada pembelajaran tematik siswa kelas IV. Untuk mengetahui respons guru dan siswa terhadap media wayang bebasis digital terhadap keterampilan menyimak cerita pada pembelajaran tematik siswa kelas IV. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan beberapa tahap yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli media, dua ahli materi dan ahli bahasa. Uji lapangan terdiri dari uji coba skala besar dan uji coba sekala kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran wayang digital terhadap keterampilan menyimak cerita di SD/MI memperoleh nilai rata-rata ahli media 85,2% di katagorikan sangat layak, rata-rata penilaian ahli materi 84,5% dikatagorikan sangat layak, rata-rata penilaian ahli bahasa 82,2% dikatagorikan sangat layak, sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik tahap uji skala besar 89% dan uji coba skala kecil 90% yang dikatagorikan sangat layak. Hal ini menunjukan media wayang digital terhadap keterampilan meyimak cerita layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Wayang Kartun, Keterampilan Menyimak, Cerita Anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 04:13
Last Modified: 24 May 2022 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19204

Actions (login required)

View Item View Item