PENGEMBANGAN MEDIA POSTER TIGA DIMENSI BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI

Dita, Yuliana Dewi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER TIGA DIMENSI BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  DITA YULIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, kurangnya media pembelajaran sebagai penunjang buku matematika , penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia khususnya smartphone belum maksimal dan hanya sebatas menunjukkan video pembelajaran dalam proses pembelajaran, kurangnya media pembelajaran yang praktis, mudah dibawa kapan saja dan bisa dibaca kapan saja saat pembelajaran, kurangnya media pembelajaran berbasis multimedia yang mendukung dalam pembelajaran daring, pembelajaran dikelas selama ini hanya menggunakan media secara langsung dari alam serta media gambar saat pembelajaran di dalam kelas. Peserta didik juga terkadang lupa untuk membawa media alam yang diperintah guru, hal ini juga yang menjadi kendala selama pembelajaran. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media poster tiga dimensi berbasis multimedia pada pembelajaran matematika kelas V SD/MI, untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasi poster tiga dimensi berbasis multimedia di kelas V SD/MI, untuk mengetahui respon guru dan peserta didik setelah mereka menggunakan apilkasi poster tiga dimensi berbasis multimedia di kelas V SD/MI. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D dengan beberapa tahapan yaitu penefinisian (define), tahap perancangan( design), tahap validitas (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Validasi kelayakan dilakukan dengan satu ahli media dan satu ahli materi dan tiga pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan lima belas peserta didik dan uji skala besar tiga puluh peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD N Argopeni Tanggamus , MIN 3 Bandar Lampung dan MIT Muhammadiyah Bandar Lampung. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media poster tiga dimensi berbasis multimedia pada mata pelajaran matematika memperoleh nilai rata-rata ahli media 92%%, rata-rata ahli materi 80%, dan rata-rata penilaian pendidik 91 %. Sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik pada tahap uji skala kecil 88% dan uji skala besar 93% hal ini menunjukkan media poster tiga dimensi berbasis multimedia layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Poster Tiga Dimensi,multimedia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 04:12
Last Modified: 24 May 2022 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item