PENERAPAN PENDEKATAN STRUKTURAL BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MATERI PUISI KELAS IV SDS ISLAM AL-FURQON PANARAGAN JAYA

CHOLIFATUL, MURNIA (2022) PENERAPAN PENDEKATAN STRUKTURAL BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MATERI PUISI KELAS IV SDS ISLAM AL-FURQON PANARAGAN JAYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CHOLIFATUL MURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan keterampilan menulis pada materi puisi peserta didik kelas IV Usman Bin Affan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDS Islam Al�Furqon Panaragan Jaya Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini menggunakan media gambar pada materi Cita-Citaku. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilakukan dalam tahap siklus meliputi 4 tahap yaitu, tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi tindakan, dan tahap refleksi tindakan. Subjek penelitian tindakan kelas ini yaitu peserta didik kelas IV Usman Bin Affan yang berjumlah 23 peserta didik dalam satu kelas. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi untuk peserta didik dan pendidik, serta soal tes. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan menulis puisi dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan penerapan media gmabar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas IV SDS Islam Al-Furqon Panaragan Jaya. Hal ini terbukti pada siklus I peserta didik yang mencapai skor baik sebanyak 1 orang dengan presentase 4%, peserta didik dengan skor cukup sebanyak 11 orang dengan presentase 48%, peserta didik dengan kategori kurang sebanyak 11 orang dengan presentase 48%. Siklus II peserta didik dengan kategori sangat baik berjumlah 1 orang dengan presentase 4%, peserta didik dengan kategori baik berjumlah 19 orang dengan presentase 83%, peserta didik dengan kategori cukup berjumlah 3 orang dengan presentase 13%. Siklus III peserta didik dengan kategori sangat baik berjumlah 21 orang dengan presentase 91%, peserta dengan kategori baik berjumlah 2 dengan presentase 9%. Kata Kunci: Pendekatan Struktural, Media Gambar, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2022 06:29
Last Modified: 23 May 2022 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item View Item