KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PAIDI SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG

Aprilia, Gita Lestari (2022) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PAIDI SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI APRIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG Oleh: APRILIA GITA LESTARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam pembelajaran PAI di SMA Persada Bandar Lampung. Berkaitan dengan keprofesionalan sang guru yang dimaksud profesional dalam hal ini adalah kegiatan guru dalam proses pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru memiliki peran yang sangat menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer dipilih langsung dari responden mengenai perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, sedangkan data skunder diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi sekolah. Sedangkah uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: perencanaan pembelajaran guru PAI di SMA Persada Bandar Lampung telah dibukukan dengan pengarsipan yang terstruktur dan jelas. Diawal tahun ajaran baru dengan berkoordinasi bersama rekan-rekan guru yang lain untuk menyusun perangkat perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran guru PAI di SMA Persada Bandar Lampung dilakukan menggunakan video pembelajaran, google meet, classroom, dan grup whatsApp, dengan urutan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan, kegiatan penutup. Sebelummelaksanakan pembelajaran guru PAI di SMA Persada Bandar Lampung selalu mematuhi persyaratan pelaksanaan pembelajaran. Namun dalam penggunaan media harus iii lebih di manfaatkan dan perlu pengoptimalan. Evaluasi dan penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan sudah memenuhi standar penilaian pendidikan. Dalam proses evaluasi pembelajaran terdapat instrumen penilaian yang jelas berupa format, kolom dan lembar penilaian yang baku. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Kata Kunci: Kompetensi, Profesional, Guru iv ABSTRACT This study aims to determine the professional competence of teachers in PAI learning at Persada Senior High School Bandar Lampung. In relation to the professionalism of the teacher, what is meant by professional in this case is the teacher's activities in the learning process, carrying out learning activities and evaluating learning. In the learning process, the teacher has a very decisive role in the success of learning. The research method used is a qualitative research method. This study uses data collection techniques with observation, interviews, and documentation. Primary data were selected directly from respondents regarding learning planning, implementation and evaluation of learning, while secondary data was obtained from the school library and documentation. Meanwhile, the validity of the data was tested using technical triangulation and source triangulation. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that: PAI teacher learning plans at SMA Persada Bandar Lampung have been recorded with structured and clear archiving. At the beginning of the new school year by coordinating with other fellow teachers to develop learning planning tools. The implementation of PAI teacher learning at Persada Bandar Lampung High School is carried out using learning videos, google meet, classroom, and WhatsApp groups, with a sequence of preliminary activities, core activities and closing activities. Before carrying out learning PAI teachers at SMA Persada Bandar Lampung always comply with the requirements for implementing learning. However, the use of media must be utilized more and needs optimization. The evaluation and assessment of learning outcomes carried out has met the educational assessment standards. In the learning evaluation process there are clear assessment instruments in the form of standard formats, columns and assessment sheets. The learning evaluation carried out is formative and summative evaluation. Keyword: Competence, Professional, Teacher

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2022 06:47
Last Modified: 20 May 2022 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19160

Actions (login required)

View Item View Item