TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NO 10 TAHUN 2017 TERKAIT PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP GOJEK DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Agus, Kurniadi Vernando (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NO 10 TAHUN 2017 TERKAIT PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP GOJEK DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi agus kurniadi Vernando.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Transportasi merupakan kegiatan manusia dan juga unsur terpenting dalam mobilitas manusia dan barang sehari-hari. Permasalahan transportasi semakin kompleks karena adanya dinamika sosial dan ekonomi masyarakat. Dinas perhubungan Kota Bandar Lampung sebagai instansi yang memiliki wewenang penuh dalam sarana dan prasarana perhubungan yang kemudian dalam Bab IV Tentang Pengawasan yakni pasal 55, 56 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No 10 Tahun 2017 yang menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah melakukan pengawasan terhadap penggunaan sepeda motor untuk kepentingan masyarakat, artinya Pemerintah Daerah juga ikut berperan dalam hal pengawasan terhadap para pengemudi GoJek yang harus mampu mengelola dan bertanggung jawab sesuai dengan pasal 4 Peraturan Menteri Perhubungan No 12 Tahun 2019. Tetapi pada kenyataan nya beberapa pengemudi Go-Jek di Kota Bandar Lampung masih belum melaksanakan amanah yang diberikan dari Menteri Perhubungan Tersebut. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 Terhadap Tata Cara Berkendara Go-jek di Kota Bandar Lampung, 2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Terkait Pengawasan Pemerintah Daerah Terhadap Go-jek di Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk memahami implementasi Peraturan Menteri Perhubungan No 12 Tahun 2019 Terhadap Tata Cara Berkendara Gojek di Kota Bandar Lampung, serta untuk mengetahui Tinjauan Fiqh Siyasah terkait Pengawasan Pemerintah Daerah terhadap gojek di Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dan didukung oleh penelitian kepustakaan (Library Reseach). Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan fenomena atau gejala tertentu, Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, dan dokumentasi sedangkan data sekunder diperoleh dari bahan hukum primer, Al-Quran, Hadist, Peraturan Perundang-undangan, Buku-buku, jurnal, dokumen, serta karya ilmiah lainnya. Data-data yang diambil sebagai rujukan selanjutnya di analisis dengan cara analisis kualitatif melalui metode yang bersifat deskriptif analisis pendekatan induktif. iii Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa permenhub No 12 Tahun 2019 tentang tata cara berkendara go-jek di Kota Bandar Lampung belum memberikan informasi lengkap dan sosialisasi yang baik kepada para pengemudi karena mereka masih banyak yang belum mengetahui adanya peraturan tersebut. Selain itu hasil dari tinjauan fiqh siyasah terkait pengawasan pemerintah daerah terhadap gojek di Kota Bandar Lampung, yang disini menggunakan siyasah dusturiyyah yang berarti peraturan perundang-undangan, dapat disimpulkan bahwa kota bandar lampung telah melakukan pengawasan terhadap pengendara sepeda motor dalam hal ini Gojek. Kata Kunci : Fiqh Siyasah, Siyasah Dusturiyyah, Permenhub, Pengawasan Pemerintah Daerah, Gojek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2022 06:35
Last Modified: 20 May 2022 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19158

Actions (login required)

View Item View Item