PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI DESA DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Gedung Harta Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan)

ROHMALIA, ROHMALIA (2022) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI DESA DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Gedung Harta Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROHMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan sangat penting untuk meningkatkan pembangunan nasional dan kesejahteraan masyarakat. Karena dalam pembangunan nasional itu diperlukan manusia yang berkualitas dalam segala hal dan dari sini kita dapat melihat betapa pentingnya pendidikan, tetapi tidak semua Manusia dapat mengenyam pendidikan. Hal ini dikarenakan salah satu penyebabnya adalah ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pengaruh Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Perkembangan Ekonomi Desa Gedung Harta?. Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Tingkat Pendidikan dalam membantu perkembangan ekonomi desa?. Tujuan Penelitian Untuk Mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Perkembangan Ekonomi Desa Gedung Harta. Untuk Mengetahui Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Tingkat Pendidikan dalam membantu perkembangan ekonomi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian asosiatif, yang populasi sekaligus sampel yang digunakan yaitu penduduk desa gedung harta, sedangkan sifat penelitian bersifat kuantitatif. Variabel independen yang digunakan yaitu tingkat pendidikan, sedangkan variabel dependennya adalah perkembangan ekonomi desa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang terlebih dahulu melakukan validasi dan reliabilitas dan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh menggunakan uji t dibantu menggunakan program komputer microsoft excel dan spss versi 21.0. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan hasil tingkat pendidikan masyarakat mempunyai pengaruh terhadap Perkembangan Ekonomi Desa Gedung Harta. Tingkat pendidikan masyarakat di Desa Gedung Harta mayoritas lulusan SD. Hal ini menunjukkan bahwa banyak dari masyarakat di Desa Gedung Harta masih membutuhkan pendidikan ke arah masa depan yang lebih baik. Dalam perspektif ekonomi Islam, Islam memandang pendidikan itu sangat penting adanya, karena dengan menjalani sebuah proses itulah seseorang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang dapat menunjang taraf hidup dan posisinya di hadapan Allah dan manusia lainnya. Kata kunci : Tingkat Pendidikan, Perkembangan Ekonomi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2022 06:47
Last Modified: 19 May 2022 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19143

Actions (login required)

View Item View Item