PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS INFORMASION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) MATERI VERTEBRATA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA NEGERI BANDAR LAMPUNG

UMI, FITRIYANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS INFORMASION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) MATERI VERTEBRATA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA NEGERI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover - Abstrak - BAB - Dapus.pdf] PDF
Download (954kB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS INFORMASION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) MATERI VERTEBRATA PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA BANDAR LAMPUNG Oleh Umi Fitriyani Masalah dalam penelitian ini yaitu diperlukaanya media praktikum sebagai tambahan sumber dan referensi simulasi praktikum yang menarik, mudah digunakan, dan dapat menyampaikan materi dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana mengembangkan media praktikum Interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) pada pelaksanaan praktikum Pada materi vertebrata kelas X SMAN Bandar Lampung? (2) bagaimana kelayakan media praktikum Interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) pada pelaksanaan praktikum Pada materi vertebrata kelas X SMAN Bandar Lampung. (3) bagaimana respon siswa terhaadap kemenarikan media praktikum Interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) pada pelaksanaan praktikum Pada materi vertebrata kelas X SMAN Bandar Lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan kemenarikan media praktikum Interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) pada pelaksanaan praktikum Pada materi vertebrata kelas X SMAN Bandar Lampung. (2) untuk mengetahui kelayakan kemenarikan media praktikum Interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) pada pelaksanaan praktikum Pada materi vertebrata kelas X SMAN Bandar Lampung. (3) untuk mengetahui respon siswa aterhadaap kemenarikan kemenarikan media praktikum Interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) pada pelaksanaan praktikum Pada materi vertebrata kelas X SMAN Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (Research and Development) R&D model lee & owens. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu, menghasilkan produk praktikum Interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) yang dikembangkan dengan perangkat adobe flash CS 6, berisi materi praaktikum vertebrata untuk peserta didik kelas X SMA Negeri Bandar Lampung. Untuk menguji kelayakan multimedia interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) dengan memvalidasi produk yang dibuat kepada tim ahli dan memperoleh nilai rata-rata persentase, 85,00% oleh ahli media, 78,00% oleh ahli materi, 68,00% oleh ahli bahasa, 64,00%. Kemudian melakukan uji coba produk kepada pendidik biologi dan diperoleh penilaian kelayakan 85,56%. Kesimpulan produk media praktikum Interaktif berbasis Information and Communication Technokogi (ICT) pada pelaksanaan praktikum Pada materi vertebrata kelas X yang dikembangkan layak dan menarik digunakan dalam proses praktikum biologi pada materi vertebrata. Kata kunci: Vertebrate, Interactive Learning Media, ICT (Information and Communication Technology)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2022 06:38
Last Modified: 19 May 2022 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19141

Actions (login required)

View Item View Item