KONSEP MODERASI BERAGAMA MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

ELIS, FAIQOTURROHMAH (2022) KONSEP MODERASI BERAGAMA MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Islam diyakini oleh umatnya sebagai agama yang memiliki misi rahmatan lil „alamin, sebagaimana terlihat dari salah satu karakterisik ajaran Islam yaitu moderasi. Akan teapi, pada saat ini menyebarnya kelompok Islam ekstrem, baik ekstrem kanan maupun kiri akan sangat berbahaya, kedua paham keagamaan tersebut sangatlah tidak sesuai dan bertentangan dengan ruh/hakikat ajaran Islam yang bercirikan moderasi. Pendidikan agama Islam (PAI) menjadi jalur yang tepat untuk mengenalkan dan menanamkan pemahaman moderasi kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa karna PAI merupakan suatu proses pembelajaran agama Islam agar peserta didik dapat mengetahui, memahami, mengamalkan ajaran Islam dan menjadikannya pandangan hidup. Pendidikan menjadi bagian terpenting dan harus menjadi tempat dalam menanamkan pemahaman Islam yang moderat, dalam mewujudkannyaPAI sebagai sistem pembelajaran memiliki komponennya yang sangat menentukan dalam proses pendidikan yaitu Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Kurikulum menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dan suatu alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pada konteks Indonesia saat ini ada salah satu tokoh ulama di Indonesia yang sangat mengedepankan moderasi yaitu M. Quraish Shihab, Beliau cukup dikenal sebagai ulama yang sangat mengedepankan persatuan bangsa ditengah pluralitas agama di Indonesia. Melalui pemikirannya yang memahami moderasi dapat memberikan sumbangsih pemikiran yang dapat dijadikan acuan dalam kurikulum pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran konsep moderasi Islam menurut M. Quraish Shihab dan bagaimana relevansi konsep moderasi Islam menurut M. Quraish Shihab dalam kurikulum pendidikan agama Islam di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Sifat penelitian dalam penelitian ini bersifat deskriptifyang dianalisa dari berbagai macam sumber data baik yang bersifat primer maupun skunder. Kemudian data yang diperoleh dianalisis, dengan menggnakan metode analisis isi (content analysis). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, bahwa menurut M. Quraish Shihab didalam moderasi terdapat empat unsur pokok yang semuanya saling mendukung untuk mengungkap hakikatnya yaitu tawasuth (pertengahan), tawazun (keseimbangan), ta’adul (keadilan) tasammuh (toleransi) dan tahadhdhur (menjunjung tinggi akhlaqul iii karimah). Dari analisis yang dilakukan menurut penulis bahwa konsep moderasi menurut M. Quraish Shihab relevandengan kurikulum pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP), sebagaimana tujuan yang diinginkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kuikulum SMP yang berorientasi agar peserta didik memiliki budi pekerti dan akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat mulia dan kasih sayang sehingga menampilkan ajaran Islam sebagai agama yang rahmaal lil „alamin, serta materi PAI disetiap kelas tekandung nilai nilai moderasi didalamnya yang sesuai dan sejalan dengan konsep moderasi menurut M. Quraish Shihab. Kata Kunci : Moderasi Beragama, M. Quraish Shihab, Kurikulum Pendidikan Agama Islam. iv ABSTRACT Islam is believed by its people as a religion that has a mission of rahmatan lil 'alamin, as can be seen from one of the characteristics of Islamic teachings, namely moderation. However, at this time the spread of extreme Islamic groups, both extreme right and left will be very dangerous, the two religious understandings are very inappropriate and contradict the spirit/ nature of Islamic teachings which are characterized by moderation. Islamic religious education (PAI) is the right path to introduce and instill an understanding of moderation to students as the next generation of the nation because PAI is a process of learning the Islamic religion so that students can know, understand, practice Islamic teachings and make it a way of life. Education is the most important part and must be a place in instilling a moderate understanding of Islam,in realizing it PAI as a learning system has a very decisive component in the educational process, namely the Islamic Religious Education Curriculum. The curriculum becomes a guide in the implementation of PAI learning and a tool to achieve the desired goals. In the current context of Indonesia, there is one prominent cleric in Indonesia who puts a high priority on moderation, namely M. Quraish Shihab, he is quite well known as a cleric who places great emphasis on national unity in the midst of religious plurality in Indonesia. Through his thoughts that understand moderation, he can contribute thoughts that can be used as references in the Islamic religious education curriculum. This study aims to determine the concept of Islamic moderation according to M. Quraish Shihab and how the relevance of the concept of Islamic moderation according to M. Quraish Shihab in the Islamic religious education curriculum at the Junior High School (SMP) level. This research is a type of library research or library research. The nature of the research in this research is descriptivewhich is analyzed from various sources of data, both primary and secondary. Then the data obtained were analyzed, using the method of content analysis (content analysis). Based on the analysis that has been done, that according to M. Quraish Shihab in moderation there are four main elements that all support each other to reveal its essence, namely tawasuth (middle), tawazun (balance), ta'adul (justice), tasammuh (tolerance) and tahadhdhur (upholding high morality). From the analysis carried out according to the author, the concept of moderation according to M. Quraish Shihab is relevant to the Islamic religious education v curriculum in Junior High Schools (SMP), as the desired goals of Core Competence (KI) and Basic Competence (KD) in the Junior High School Curriculum are oriented so that students have character and noble character filled with noble nature and compassion so as to display the teachings of Islam as a religion that is rahmaal lil 'alamin, and PAI material in each class contains the values of moderation in it that are appropriate and in line with the concept of moderation according to M. Quraish Shihab. Keywords: Religious Moderation, M. Quraish Shihab, Islamic Religious Education Curriculum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2022 05:56
Last Modified: 20 May 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19140

Actions (login required)

View Item View Item