ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Masyarakat Desa Negara Batin Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur)

Eka, Elsafitri ZP (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Masyarakat Desa Negara Batin Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  EKA ELSAFITRI.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of PERPUS 1 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemiskinan merupakan masalah yang selalu dihadapi manusia. Oleh karena itu, upaya-upaya pengentasan kemiskinan harus dilakukan secara benar, mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan dilaksanakan secara terpadu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh tingkat kepemilikan aset, pendapatan, dan pendidikan terhadap tingkat kemiskinan pada Masyarakat Desa Negara Batin serta bagaimana pandangan ekonomi Islam mengenai tingkat kemiskinan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh tingkat kepemilikan aset, pendapatan, dan pendidikan terhadap tingkat kemiskinan pada Masyarakat Desa Negara Batin dan pandangan ekonomi Islam mengenai tingkat kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan merupakan data primer dengan cara membagikan kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan aset tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Variabel pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Sedangkan variabel pendidikan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Dalam pandangan Islam menganjurkan umatnya agar tidak bermalas-malasan serta agar seorang muslim mau bekerja. Allah mengajarkan muslim agar tetap optimis dalam berusaha mencari rezeki sebagai motivasi meningkatkan produktifitas, dan meningkatkan kesabaran sebagai benteng mental menghadapi kondisi yang kurang memadai, serta beriman kepada Allah SWT. Kata kunci: kepemilikan aset, pendapatan, pendidikan, tingkat kemiskinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2022 04:32
Last Modified: 19 May 2022 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19139

Actions (login required)

View Item View Item