ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI TERHADAP HARGA JUAL PADA UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Produksi Kripik Singkong CV.Citra Lampung Di Raja Basa Bandar Lampung )

Angga, Kharisma Akbar (2022) ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI TERHADAP HARGA JUAL PADA UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Produksi Kripik Singkong CV.Citra Lampung Di Raja Basa Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha kecil adalah suatu usaha yang tidak tergantung pada pemilik dan manajemennya serta tidak menguasai/mendominasi pasar dimana dia berada. Subsektor kripik di Provinsi Lampung mampu memproduksi kripik singkong dalam jumlah yang cukup tinggi setiap tahunnya. Hal ini disebabkan, karena kondisi singkong yang cukup melimpah sehingga memicu masyarakat untuk memanfaatkan singkong menjadi berbagai bentuk olahan kripik sehingga menjadi lebih tahan lama dan lebih bernilai ekonomis. Salah satu usaha disektor pertanian adalah memproduksi singkong olah baik yang bernilai ekonomis. Salah satu contoh produk olahan singkong adalah kripik singkong. Industri pengolahan kripik singkong di CV.Citra Lampung yang berlokasi di Jl.zainal abiding pagar alam GG.era no.4 labuhan ratu kedaton Bandar Lampung. Industri ini merupakan industri pengolahan kripik singkong, jenis kripik singkong yang menjadi unggulan ialah jenis kripik singkong balado. Penentuan harga pokok produksi yang akurat dapat dilakukan dengan menggunakanmetode yang tepat. Beberapa metode dapat digunakan dalam penentuah harga pokok produksi, antara lain full costing dan variable costing. Metode full costing dengan mendasarkan pada seluruh biaya produksi dalam penentuan harga pokok produksi, sedangkan variable costing hanya berdasarkan biaya produksi variabel saja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah membandingkan perhitungan harga pokok produk dengan metode full costing dan variable costing dengan metode yang di gunakan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penentuan harga pokok produksi berdasarkan metode yang digunakan perusahaan dengan metode full costing dan variable costing. Objek penelitian ini adalah biaya-biaya yang menjadi fokus dari aktivitas dalam pembuatan kripik singkong untuk menentukan alokasi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik ke produksi. Jenis penelitian adalah kualitatif berdasarkan eksplanatory research, digunakan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan metode full costing, variable costing dan metode yang digunakan perusahaan dalam penentuan harga pokok pada pabrik tahu. Setelah melakukan perhitungan harga pokok produksi sebagai dasar penetepan harga jual dengan metode full costing diperoleh hasil yang baik untuk dapat meningkatkan keuntungan pengolah dengan menjumlahkan semua unsur biaya. Hasil perhitungan harga jual dengan metode full costing sebesar Rp 5.700/Bunkus. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi para pengolah untuk dapat meningkatkan keuntungan untuk dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya. Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing dan Harga Jual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2022 03:31
Last Modified: 19 May 2022 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item